Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Cara Menyusun Content Calendar untuk Pebisnis Pemula

Kompas.com - 10/06/2024, 09:17 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk menyesuaikan zaman, banyak pebisnis yang menggunakan content marketing sebagai strategi promosi mereka. Biasanya, mereka membuat konten yang mengikuti tren di media sosial atau memanfaatkan fitur ads dalam aplikasi. 

Selain itu, para pebisnis juga membuat konten informatif dalam bentuk tulisan lalu diunggah dalam media sosial. Mereka pun juga mempunyai color palette tersendiri ketika membuat desain konten.

Supaya content marketing tetap berjalan dengan baik, para pebisnis menggunakan content calendar untuk menyusun jadwal perilisan konten. Melalui content calendar, pebisnis bisa menyertakan rencana konten yang akan ditulis.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Content Plan Bisnis di Era Pemasaran Digital

Bagi kamu pebisnis pemula yang berencana membuat konten promosi, sebaiknya juga menyusun content calendar. Jika kamu masih bingung cara membuatnya, kamu bisa menyimak artikel berikut yang dilansir dari businessnewsdaily.com

1. Buat Rencana Jenis Konten yang Diminati Audiens

Sebelum kamu menyusun content calendar, sebaiknya kamu harus mengetahui jenis-jenis konten yang akan kamu buat. Kamu harus memastikan konten yang diunggah sesuai dengan minat audiens sehingga hasilnya akan memuaskan. 

Selain itu, adanya perencanaan jenis konten akan memudahkan kamu untuk menambahkan jadwal konten ke dalam kalender. Kamu bisa langsung menulis secara spesifik jenis konten yang akan dibuat dalam tanggal-tanggal tertentu. 

Baca juga: Ini 4 Cara Content Marketing Kamu Bisa Menghasilkan Cuan

2. Tentukan Media untuk Mengunggah Konten

Selanjutnya, kamu bisa menentukan media yang digunakan untuk mengunggah konten, seperti website, media sosial, atau e-mail. Kamu bisa menggunakan media apapun sesuai dengan kesepakatan kamu sebagai pebisnis dengan tim marketing

Sebaiknya, kamu fokus untuk membuat konten dalam satu media saja. Jika kamu memilih media sosial sebagai tempat mengunggah konten, maka kamu akan fokus dalam media sosial saja. Hal ini penting agar fokus pembuatan konten tidak terpecah. 

3. Pilih Platform untuk Membuat Content Calendar

Ketika kamu akan membuat content calendar, gunakan platform yang memudahkan kamu untuk menambahkan dan mengedit jadwal konten. Selain itu, gunakan platform yang mudah untuk diakses dalam gadget apapun agar lebih fleksibel.

Baca juga: Ingin Unggah Hasil Content Marketing? Jangan Lewatkan 3 Hal Ini

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Google Calendar, Google Sheets, Notion, dan sebagainya untuk membuat konten. Silakan pilih platform sesuai kenyamanan tim konten dalam bisnismu. 

4. Tentukan Elemen yang Dibutuhkan dalam Kalender

Terakhir, kamu bisa menentukan elemen yang dibutuhkan dalam content calendar milikmu. Elemen ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan tim konten untuk mengorganisir workflow konten dengan lebih baik. 

Elemen dalam content calendar biasanya meliputi jenis konten, tenggat waktu pengerjaan, waktu rilis, penulis, editor, dan sebagainya. Nantinya, elemen ini bisa kamu tambahkan dalam kalender yang kamu buat. Selain itu, nantinya kamu juga bisa membuat notifikasi pengingat

Baca juga: Mengenal Lifestyle Content, Strategi Pemasaran untuk Para Pebisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com