Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng 40 Peternak Kecil, Astra Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Daerah

Kompas.com - 14/06/2024, 08:30 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggandeng dengan peternak kecil salurkan hewan kurban ke 29 provinsi di seluruh Indonesia.

Hewan kurban yang disalurkan termasuk 1.614 ekor kambing dan domba senilai Rp 16,8 miliar yang didapatkan melalui 40 peternak yang tersebar di wilayah Jabodetabek hingga pelosok Indonesia Timur.

Selain untuk memberdayakan dan membantu menyejahkterakan peternak kecil, kerja sama yang dilakukan oleh YAA ini juga upaya untuk mengembangkan potensi kemandirian ekonomi sampai memiliki pasar yang menjanjikan.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Konsumen di Malang Lebih Pilih Kambing ketimbang Sapi

Ketua Pengurus Yayasan Amaliah Astra, Riza Deliansyah menyatakan menyambut momentum Idul Adha ini bukan hanya dengan memberikan manfaat kepada masyarakat yang menerima daging kurban tapi juga turut membantu para peternak kecil di Indonesia.

"Menyambut Idul Adha, Grup Astra melalui Yayasan Amaliah Astra senantiasa menebar kebermanfaatan, tidak hanya melalui penyaluran daging kurban kepada masyrakat tetapi juga keterlibatan pemberdayaan peternak kecil. Kolaborasi ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi banyak pihak," jelas Riza dalam keterangan resmi, Kamis (13/6/2024).

Pemotongan hewan kurban secara konsisten berlangsung di rumah pemotongan hewan, sesuai dengan prosedur, ketentuan agama, dan regulasi kesehatan yang berlaku. Nantinya daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 Baca juga: Mau Jual Hewan Kurban Jelang Idul Adha? Penuhi Dulu Syarat-syaratnya

Sebagai bentuk komitmen YAA yang membudayakan semangat keberlanjutan, pada momentum Idul Adha ini daging kurban akan dibungkus menggunakan bambu dengan harapan dapat mengurangi pemakaian sampah pelastik.

Seremoni penyerahan kurban kepada masyarakat secara simbolis berlangsung di Kantor Walikota Jakarta Utara pada Kamis (13/6/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Head Of Social Engagement and CSR PT Astra International Tbk, Triyanto serta Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com