Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Dasar yang Harus Diketahui Pebisnis Sebelum Menjual Produk

Kompas.com - 19/06/2024, 18:50 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tujuan utama memulai bisnis adalah memperoleh keuntungan dari penjualan produk. Oleh karena itu, kamu perlu membuat strategi agar produkmu dapat terjual sesuai target yang telah direncanakan. 

Bahkan, sebelum memulai menjual produk, kamu perlu mengetahui beberapa hal dasar. Apalagi jika kamu adalah seorang pebisnis pemula. Informasi ini kamu perlukan agar kamu tidak melakukan kesalahan saat melakukan penjualan. 

Dalam artikel berikut yang dilansir dari entrepreneur.com, kamu bisa menyimak topik tiga hal dasar yang harus dipahami pebisnis pemula sebelum menjual produk. Harapannya, artikel berikut akan membantu kamu untuk terus mengembangkan bisnismu nantinya.

Baca juga: 4 Tips Penjualan Laris Manis Saat Mengikuti Bazar

1. Tunjukkan Keunggulan Produkmu

Orang-orang umumnya membeli produk karena keunggulan atau manfaat yang akan mereka dapatkan. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan keunggulan produkmu lalu menyampaikannya ketika promosi. 

Jika memungkinkan, kamu bisa menonjolkan keunggulan produkmu yang tidak ditemukan dalam produk lain. Hal ini akan membuat produkmu terlihat unik dan membuat orang-orang tertarik untuk membeli. 

Kamu bisa menyampaikan keunggulan produkmu melalui iklan di media sosial, saat sedang mengikuti bazar, atau membuat konten melalui Instagram dan TikTok. Berusahalah untuk mempersiapkan keunggulan produkmu lalu menyebarkannya di berbagai platform

Baca juga: 7 Tips Memanfaatkan Psikologi Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

2. Buatlah Produk yang Mudah Digunakan

Sebelum kamu memasarkan produkmu, sebaiknya perhatikan kembali kemudahan yang akan didapatkan konsumen setelah menggunakan produk buatanmu. Jangan sampai, kamu sudah mempromosikan keunggulan, tetapi penggunaan produknya terlalu rumit bagi konsumen. 

Kamu bisa melihat contoh mengenai hal ini dalam mainan anak-anak atau produk lain yang bertujuan membantu pekerjaan rumah tangga. Pastikan produk tersebut tidak membuat konsumen bekerja dua kali. 

Agar kamu bisa memastikan hal ini, kamu dapat melakukan uji coba produk selama beberapa hari. Kamu bisa menawarkannya pada orang terdekat atau karyawan bisnismu untuk menggunakan produkmu sesuai waktu yang diinginkan. 

Baca juga: 7 Tips Jitu Mendongkrak Penjualan dengan Program ‘Flash Sale’

3. Tawarkan Tester Terlebih Dahulu

Apabila produkmu telah selesai dibuat, sebaiknya jangan langsung diluncurkan. Kamu bisa mengajak beberapa orang untuk menjadi tester produk bisnismu terlebih dahulu. Biarkan mereka mencoba menggunakan produkmu selama beberapa hari. 

Setelah beberapa hari, cobalah tanyakan pada mereka mengenai keunggulan dan kekurangan produk yang kamu buat. Apabila ternyata masih memiliki kekurangan, sebaiknya kamu benahi kualitas produkmu.

Jangan sampai produk yang memiliki banyak kekurangan justru sampai di tangan konsumen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com