Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Penjualan Laris Manis Saat Mengikuti Bazar

Kompas.com - 23/05/2024, 19:19 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melakukan strategi marketing secara online, ada kalanya pelaku usaha juga perlu melakukan strategi marketing offline.

Salah satu caranya, dengan mengikuti bazar yang diadakan oleh suatu lembaga. 

Saat mengikuti bazar, pelaku usaha punya kesempatan bertemu langsung dengan calon konsumen, sehingga bisa dengan mudah menjelaskan soal produknya.

Teuku Andi, pemilik Sakha Coffee dan William Arifin, pemilik Grandville Food merupakan pelaku usaha yang aktif mengikuti bazar, selain juga menjual produknya secara online, yakni di Tokopedia.

Baca juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Selama Ramadan 2024, Produk Groceries Terlaris

Sakha Coffee merupakan bisnis biji kopi lokal yang menggandeng para petani kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara, bisnis Grandville Food dikenal dengan produknya yang ramah terhadap anak dalam fase gerakan tutup mulut (GTM).

Bagi kamu, para pelaku usaha yang ingin mengikuti bazar untuk meningkatkan penjualan, Andi dan Willian membagikan beberapa tips agar produk usaha laris manis saat mengikuti bazar.

1. Cari Informasi Produk yang Sedang Diminati oleh Pasar

Supaya bisa mendapatkan atensi dari para pengunjung, kamu perlu mencari tahu informasi produk yang sedang diminati oleh banyak orang. Caranya adalah dengan mencari produk yang terlaris di e-commerce.

Dengan begitu, pelaku usaha bisa berinovasi menciptkan produk baru yang sesuai minat konsumen dan membuat mereka tertarik saat berbelanja di bazar.

Seperti yang dilakukan oleh Sakha Coffee. Mereka telah melakukan riset pasar dan memperluas inovasi produk, dengan meluncurkan lima varian biji kopi lokal baru.

Produk-produk terbaru tersebut dijual di e-commerce Tokopedia dan tidak dijumpai di toko lain.

"Produk baru ini menggunakan nama-nama dessert yaitu Glory Cherry Burst, Blueberry Well Cream, Halu Berry 96, dan lainnya," tutur Head Creative and Business Development Sakha Coffee, Ghazy Muhammad.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penjualan Saat Bazar

2. Buat Konsep Stan Bazar yang Menarik

Stan bazar yang menarik tidak hanya dilihat dari dekorasinya, tetapi juga dari konsep stan tersebut. Kamu bisa menambahkan permainan atau games berhadiah yang menarik perhatian pengunjung. 

Selain itu, kamu juga bisa membagikan tester produk, agar pengunjung bisa merasakan produkmu terlebih dulu.

Bukan tak mungkin pengunjung akan langsung membeli produkmu, karena suka atau merasa cocok dengan tester yang kamu berikan.

Baca juga: 3 Manfaat Mengikuti Bazar UMKM, Pelaku Usaha Harus Tahu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com