Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Untung Berlipat Saat Ikut Event Bazar? Simak Tips dan Triknya

Kompas.com - 08/07/2023, 09:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Bagi kaum urban, bazar merupakan lokasi favorit yang sayang jika dilewatkan. Pasalnya, mereka bisa memperoleh barang bagus dan berkualitas dengan harga terjangkau, tanpa perlu berlama-lama antri.

Sementara bagi para pelaku usaha, bazar menjadi wadah bisnis yang cukup menjanjikan. Jangan heran ketika event bazar dilangsungkan, banyak yang kemudian beralih profesi jadi penjual dadakan.

Biasanya, potensi keuntungan yang diperoleh tergantung dari seberapa besar event tersebut. Daripada menganggur, ikut jualan di bazar tentunya bisa jadi pilihan untuk menghasilkan cuan. Agar cepat untung, simak tips jitu yang dilansir dari Cermati.com berikut ini:

1. Mantapkan Niat dan Tekad

Niat dan tekad yang bulat jadi langkah awal kunci berhasilnya menjalankan bisnis apapun bentuknya. Hal ini juga berlaku saat Anda ingin jualan di event bazar.

Saat ingin menyiapkan kebutuhan maupun strategi berjualan, pastikan untuk melakukan semuanya dengan maksimal.

Karena akan ada banyak kompetitor yang berlomba-lomba menarik pengunjung di event bazar dengan jualannya. Jadi, jangan pernah setengah-setengah dalam mempersiapkan diri.

2. Buat Rincian Biaya

Khususnya untuk para pelapak dadakan, perhitungan biayanya tentunya akan sedikit berbeda. Terlebih jika menyangkut biaya sewa tempat untuk berjualan dan lain sebagainya.

Biasanya, event bazar hanya berlangsung antara tiga sampai lima hari. Terkadang bisa sampai satu bulan penuh. Intinya acara bazar ini hanya berlangsung dalam jangka pendek saja.

Itulah sebabnya, masalah sewa kios jualan harus masuk dalam rincian perhitungan biaya ketika akan memulai jualan di event bazar. Buatlah rincian biayanya dengan detail dan lengkap.

Mulai dari biaya sewa kios, biaya modal untuk bahan-bahan atau produk jualan, termasuk potensi keuntungan dari target jualan. Hal ini akan memudahkan untuk mengetahui berapa modal yang diperlukan.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengatur keuangan bisnis agar tidak tercampur dengan dana atau pengeluaran pribadi. Sehingga, potensi keuntungan yang diperoleh bisa lebih diketahui.

3. Lakukan Survei Terhadap Lokasi Bazar dan Penyelenggaranya

Keuntungan besar dari event bazar tidak terlepas dari faktor lokasi event dan penyelenggaranya. Untuk itulah, pertimbangkan untuk melakukan survei lokasi dan juga pihak penyelenggara sebelum mulai berjualan di event tersebut.

Cari tahu bagaimana track record penyelenggara dalam setiap event yang diadakan. Termasuk bagaimana mereka mengelola dan mengorganisir peserta yang ikut, pemilihan lokasi dan aturan yang diterapkan.

Perlu dipahami, semakin besar dan bergengsi event yang diadakan, maka kemungkinan datangnya pengunjung juga akan semakin besar. Peluang cuan pun akan terbuka dengan sangat lebar.

Namun, jangan lupa kredibilitas penyelenggara event juga harus jelas. Agar, tidak ada yang dirugikan nantinya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com