Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Cerdas Merintis Bisnis Aquascape, Cocok Bagi Pemula

Kompas.com - 07/07/2023, 10:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Pandemi yang terjadi beberapa tahun belakangan ternyata membuka banyak peluang bisnis menguntungkan yang tak disangka-sangka. Salah satunya yang cukup populer adalah bisnis aquascape atau aquarium landscape.

Belakangan penggemar aquascape semakin meningkat, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menarik. Ketika memilih untuk berbisnis aquascape, Anda bisa menjadi supplier bahan dan alat-alatnya, atau bahkan menjadi desainer tata letaknya.

Aquascape sendiri merupakan hobi yang memang fokus dalam penataan tanaman air dalam akuarium.

Kegiatan aquascaping ini melibatkan berbagai macam teknik untuk menghasilkan pemandangan bawah air yang menawan. Mulai dari mendekorasi atau mengatur semua elemen pendukung yang ada ke dalam akuarium hingga menjadi tampilan yang estetik. Seperti menata tanaman air, kayu apung, batu kerikil, fauna dan lain sebagainya.

Jika sebelumnya akuarium hanya digunakan memelihara ikan saja, dalam aquascape menjadi sedikit berbeda. Lantaran, yang jadi fokus utamanya ada pada tanaman bawah air di dalam akuarium tersebut, sehingga bisa dikatakan jika aquascape merupakan gabungan dari hobi berkebun dan akuarium.

Biasanya, ikan yang ditambahkan dipilih yang berukuran kecil demi menambah nilai estetika dalam akuarium tersebut. Hobi aquascape ini seharusnya mementingkan sejumlah aspek dalam pertumbuhan hortikultura secara akuatik.

Untuk memanfaatkan hobi aquascape mejadi peluang bisnis, Anda perlu memahami 7 tips berikut dilansir dari Cermati.com:

1. Pahami Jenis Ikan dan Tumbuhan Air yang Sesuai

Tips paling penting ketika baru merintis bisnis aquascape adalah pahami dulu apa yang akan dijual. Apalagi ada begitu banyak tanaman air dengan berbagai jenis yang jumlahnya bisa ratusan lebih saat ini.

Memang tidak wajib untuk mempelajari semuanya. akan tetapi setidaknya cobalah untuk mengenali jenis-jenis tanaman yang potensial di pasaran. Terutama jenis tanaman khusus yang cocok digunakan untuk akuarium.

Misalnya ada beberapa jenis lumut air populer dalam dunia aquascaping. Di antaranya seperti weeping moss, peacock moss, stringy moss dan juga java moss.

Anda bisa memulai bisnis aquascape dengan membudidayakan tanaman lumut tersebut atau menyetoknya di rumah. Untuk bisa mendapatkannya, tentunya harus melakukan sejumlah riset. Termasuk menemukan supplier yang tepat dan kredibel.

2. Belajar Prinsip Dasar dalam Desain Aquascape

Dalam dunia aquascaping, setidaknya terdapat dua kategori pelaku hobi ini. Pertama, mereka yang lebih suka membuat desain dan menata akuariumnya sendiri. Jadi sebagai pelaku bisnis, Anda hanya perlu menjadi penyuplai alat dan juga bahan yang dibutuhkan.

Kedua, mereka yang tidak mau repot dan memilih untuk terima jadi. Biasanya, mereka membeli aquascape hanya sebagai dekorasi rumah. Artinya, Anda yang menjadi desainer aquascape demi memenuhi keinginan tersebut.

Dengan begitu, sangat penting untuk memahami prinsip dasar dalam desain aquascape. Dimana, kreativitas dan imajinasi memainkan peran yang sangat penting.

Pasalnya, penataan aquascape bukan sekedar menonjolkan aspek estetika demi menyenangkan mata. Tetapi juga perlu memahami bagaimana tata letak yang tepat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com