Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memaksimalkan Penjualan Saat Bazar

Kompas.com - 19/04/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comBazar atau pameran merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai sarana bertemunya penjual dengan pembeli, melalui sebuah acara khusus.

Biasanya, setiap bazar atau pameran memiliki karakteristik pengunjung yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin mengikuti bazar atau pameran, simak tips berikut yang dilansir melalui ukmindonesia.com untuk mendukung penjualan produk milikmu lebih efektif dan maksimal.

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Yang pertama, kamu dapat mencari tahu informasi bazar atau pameran apa yang akan dilakukan dalam waktu tertentu dan berada di kota yang sekiranya bisa kamu kunjungi.

Kamu dapat menggunakan internet untuk mencari tahu informasi ini atau bertanya ke pihak terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, koperasi, atau forum diskusi pelaku UMKM yang ada di kotamu.

Baca juga: Batik Lawasan Jawi Kinasih Andalkan Pameran untuk Raup Cuan

2. Perhatikan tema bazar atau pameran

Setelah mengetahui bazar atau pameran yang akan dituju, perhatikan dengan baik tema apa yang diusung kali ini.

Kamu dapat menyesuaikan tema dengan produk yang kamu tawarkan, misalnya produk ramah lingkungan untuk tema Go Green. Hal seperti ini dapat mendukung pemasaran yang tepat sasaran, sehingga memperbesar pula peluang produkmu laku keras di acara tersebut.

3. Survey lokasi

Agar dapat mempersiapkan segala kebutuhan dengan matang, mulai dari perlengkapan bazar atau pameran, akses kendaraan, hingga penataan display di stand yang disediakan, maka kamu perlu melakukan survei lokasi terlebih dahulu untuk memastikan segala sesuatunya dapat berjalan sesuai rencana.

Pilih juga posisi stand yang strategis, misalnya tidak terletak di pojokan dan mudah diakses oleh pengunjung sehingga dapat memperbesar peluang pengunjung mampir ke standmu.

Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Naikkan Penjualan di Bulan Ramadhan

4. Siapkan perlengkapan yang mendukung

Beberapa perlengkapan ini bergantung pada produk yang akan kamu tawarkan, misalkan gantungan baju, rak susun, meja datar, kursi untuk duduk, dan sebagainya.

Ada juga perlengkapan lainnya yang dapat kamu siapkan seperti brosur, kartu nama, spanduk, alat tulis, kantung plastik atau paper bag untuk membungkus, dan dekorasi yang mendukung di stand.

5. Buat display yang menarik

Saat berkeliling melihat-lihat, kebanyakan yang dilirik pengunjung adalah yang terlihat menarik, unik, atau eye-catching.

Kamu dapat menyusun produkmu dalam susunan yang mudah dilihat oleh pengunjung dan tata dengan rapih. Kamu juga dapat menambahkan hiasan-hiasan sebagai dekorasi yang sesuai dengan produk atau tema dari acara itu sendiri.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Membangun Usaha

6. Ramah dan murah senyum

Kunci terakhir tapi tidak kalah penting adalah tentang bagaimana kamu memberikan pelayanan kepada pengunjung.

Bersikap ramah dan murah senyum akan membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, sehingga dapat mendorong mereka untuk membeli produk yang kamu jual.

Bayangkan jika kamu melayani pengunjung dengan muka judes dan menjawab dengan nada ketus, pengunjung pasti akan malas dan memilih untuk pergi dari standmu tanpa membeli apapun.

Baca juga: Cara Sukses Menarik Pelanggan Lewat Promo Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com