5 Strategi agar Toko Online Bisa Naik Kelas Menjadi Brand Ternama

Kompas.com - 24/02/2022, 07:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun bisnis tak cukup hanya berkutat pada keberhasilan menjual barang maupun jasa. Lebih dari itu, bisnis harus bisa membangun brand.

Brand menjadi sesuatu yang penting dalam bisnis. Sebagai intangible asset atau aset tak berwujud, brand menjadi sebuah kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Brand pula yang memungkinkan bisnis bisa berjalan secara berkelanjutan dan tak semata pada transaksi bisnis. 

Baca juga: Ini Strategi Mengelola Bisnis agar Tidak Kehabisan Uang

Bagi kamu yang menjalankan usaha toko online, penting juga membangun brand sebagai upaya membangun reputasi bisnis di tengah ketatnya persaingan pelaku usaha yang menjalankan bisnis serupa.

Untuk itu, penting bagi kamu untuk mulai memikirkan cara membangun brand, dan berikut 5  tips membangun brand bagi kamu yang menjalankan bisnis toko online sebagaimana dikutip dari Xendit:

Buat Karakter Brand yang Unik yang Berbeda dari Kompetitor

Setiap brand memiliki DNA atau karakter keunikannya masing-masing, mulai dari logo, warna-warna dominan, hingga slogan.

Misalnya, merek-merek ternama seperti Apple dan Nike bisa terkenal karena punya karakter dan persona yang kuat. Nike dengan slogan “Just Do It” selalu menghubungkan konten promosinya dengan slogan tersebut.

Karena itu, jika ingin meng-upgrade toko online menjadi brand, mulailah dengan membuat karakter brand seperti nama dan logo yang menarik dan mudah diingat oleh pembeli. Lalu, tentukan DNA visual dari brand kamu.

Misalnya selalu menggunakan font yang sama dan warna-warna konsisten di semua konten promosi, mulai dari website, konten media sosial, sampai kemasan produk. Langkah ini akan membuat pembeli semakin ingat dengan brand yang kamu bangun.

Buat Website Sendiri

Tak dimungkiri, saat ini kebanyakan UKM masih mengandalkan e-commerce ketimbang mendirikan situs brand-nya sendiri. Namun demikian, pelaku usaha yang memiliki website sendiri memberikan kesan yang lebih profesional dan unggul dibanding kompetitornya.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.