Perjuangan Brand Fesyen Asal Bandung Elzatta Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 25/02/2022, 08:54 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Bagi pecinta pakaian muslim, nama Elzatta sudah sering didengar. Tokonya ada di berbagai daerah di Indonesia, begitu pula keagenannya.

Kekuatan perusahaan yang dibangun 2012 dari nol ini ada di offline. Meski Elzatta sudah menggunakan penjualan online, namun offline mereka sangat kuat.

Itulah yang kemudian membuat Elzatta tergopoh-gopoh saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Baca juga: Tips Menjadi Wirausaha yang Sukses

"Pandemi ini cobaan berat buat Elzatta. Tidak mudah memenuhi kewajiban terutama pada pegawai," ujar CEO Elcorps, Elidawati kepada Kompas.com, Kamis (24/2/2022).

Apalagi pandemi datang menjelang Ramadhan saat perusahaannya menyetok banyak barang. Sebab ketika stok menumpuk, utang terhadap suplier pun tengah tinggi-tingginya.

"Omzet anjlok, hanya tersisa 40 persen dibanding tahun sebelum pandemi Covid-19," beber Elidawati.

Toko-toko milik Elzatta pun banyak yang tutup. Setidaknya ada 40 toko yang tutup. Karena kebanyakan toko milik Elzatta ada di mal.

"Mal menjadi salah satu yang paling terkena dampak. Makanya toko kami banyak yang tutup. Toko milik agen kami masih pada buka dan bertahan," ucap dia.

Bagi sebagian pengusaha fashion, omzet Elzatta ini masih mending. Karena banyak pengusaha fashion yang terjungkal dan bangkrut.

Namun dengan pegawai berjumlah 1.000 orang, tidak mudah bagi Elzatta. Untuk bertahan, ia memotong gaji pegawai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.