Cara Membangun Bisnis agar Menjadi “Ladang Uang”

Kompas.com - 11/03/2022, 18:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain investasi di instrumen saham, reksadana, maupun emas, merintis bisnis juga dapat memberi keuntungan. Bisnis yang kamu jalankan bisa menjadi aset aktif yang menghasilkan pundi-pundi uang.

Bisnis bisa dikatakan sebagai investasi. Sebab, menanamkan modal atau aset pada sebuah bisnis. Artinya, kamu menggunakan dana untuk membuka bisnis atau usaha.

Memiliki bisnis sendiri adalah investasi yang menguntungkan. Kamu dapat mengantongi keuntungan jangka panjang dan berkesinambungan. Laba usaha akan mutlak menjadi milikmu.

Selain itu, membangun bisnis berarti kesempatan menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Seperti sebuah pernyataan, jangan hanya kamu yang kerja keras bagai kuda, tetapi aset hanya ‘tidur’ atau menganggur.

Biarkan aset tersebut yang bekerja, agar menghasilkan uang dan menambah kekayaan kamu. Termasuk bisnis yang kamu sedang rintis.

Membangun bisnis untuk mendapatkan penghasilan pasif dapat dilakukan dengan cara berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

Bisnis Dapat Memberi Pendapatan Pasif

Bisnis yang dapat memberi pendapatan pasif sangat banyak. Contohnya, bisnis pertanian, perkebunan, peternakan, budidaya, bisnis franchise, bisnis online, dan lainnya.

Kalau kamu bisnis apa? Apapun bisnis yang tengah kamu bangun, pastikan berjalan dengan lancar, mampu mencetak keuntungan, meski kamu sedang tertidur.

Untuk mencapai semua itu, tidak mudah. Bisnis yang sukses mesti dibangun secara berkelanjutan. Kamu selalu memiliki ide yang tepat dan merencanakan segala sesuatunya dengan tepat sasaran.

Di samping itu, kamu juga harus mengeksekusinya sebaik mungkin, agar bisa terealisasi sesuai dengan rencana awal. Jadi, tidak cukup membuka bisnis saja, namun mengelolanya dengan benar karena perjalanan bisnis akan ada pasang surutnya.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.