Miske Tinggalkan Bisnis Sepatu dan Sukses Berbisnis Rendang

Kompas.com - 24/05/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pandemi Covid-19, tak sedikit pebisnis yang gulung tikar. Tapi di sisi lain, ada juga yang mencari peluang baru dari usaha yang sebelumnya sudah mereka geluti.

Seperti yang dilakukan Miske Niharda. Sebelum pandemi, Miske yang tinggal di Jakarta ini merupakan pebisnis yang bergerak di bidang sepatu. Namun seiring dengan berkurangnya aktivitas masyarakat, penjualan sepatu mengalami penurunan drastis.

Saat pandemi, usaha sepatu Miske mengalami penurunan hingga 75 persen, bahkan hampir kolaps.

Baca juga: Sukses Tak Pandang Usia, Ini Cara Memulai Bisnis Setelah Pensiun

Berangkat dari kondisi tersebut, Miske memilih untuk merintis usaha kuliner makanan khas Minang dengan menu andalan rendang.

Usaha kuliner tersebut dilabeli Nihar Chaniago. Ini muncul sebagai efek kegelisahannya akan dampak pandemi yang menggempur usaha sepatunya.

"Pandemi jadi kedua kalinya penyebab usaha sepatu saya jatuh. Pertama saat krisis 1998 dan kedua pandemi. Tapi, dari situlah dapat ide untuk mengembangkan usaha rendang," katanya kepada KONTAN dikutip Selasa (24/5/2022).

Memang, saat pandemi, mulai banyak orang yang memulai usaha kuliner, terutama makanan yang siap antar di saat pengetatan mobilitas. Hal yang sama juga terjadi pada Miske.

Dengan modal Rp 2 juta, ia memberanikan diri berbisnis rendang. Awalnya, pesanan yang datang hanya satu kilogram saja. Namun secara perlahan, pesanan yang datang semakin lama semakin menanjak.

Untuk pemasaran, seperti biasa, Miske juga mengandalkan pemasaran online. Yakni, lewat jalur media sosial serta dari marketplace. Dia menyebutkan, minimal satu hari bisa menerima pesanan lima kemasan rendang. Biasanya, puncak pesanan datang saat Ramadan.

Hasilnya, saat ini, Miske sanggup memproduksi 20 kilogram rendang atau 80 kemasan dalam satu bulan. Ia membanderol rendang buatannya seharga Rp 90.000 per 250 gram.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.