Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shopee Gelar Festival untuk Promosikan Produk UMKM DKI Jakarta

Kompas.com - 23/06/2022, 09:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee menggelar Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta, untuk mempromosikan produk UMKM lokal dan DKI Jakarta serta produk khas Betawi.

Festival UMKM Ulang Tahun DKI Jakarta ini menghadirkan lebih dari 300 produk khas Betawi, di laman khusus. Program digelar selama sepekan dari tanggal 22 hingga 30 Juni 2022 sebagai bagi produk lokal DKI Jakarta dalam rangka Jakarta Hajatan.

Sejumlah merchant terkurasi menyuguhkan berbagai jenis produk fesyen menarik khas Jakarta, seperti batik khas Betawi, kebaya encim, kain tumpal dan peci.

Baca juga: Gunakan Kapas Asli Lombok, Kerajinan Rajut Buatan Sri Wahyuni Laris di Pasaran

 

Selain itu dijual pula makanan khas seperti roti buaya, asinan Betawi, bir pletok, kue kering, serta produk kerajinan lokal seperti miniatur ondel-ondel, postcard dan aksesoris khas Jakarta lainnya.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja menjelaskan dukungan ini diberikan guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

"Melalui Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta ini, kami berharap produk-produk khas Betawi dapat semakin dikenal luas tidak hanya di wilayah lain di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara,” ungkap Handhika dalam keterangan resmi, Rabu (22/6/2022).

Jahja menjelaskan bahwa melalui dukungan yang diberikan, diharapkan bisa memunculkan ekosistem ekosistem ekonomi mandiri.

Baca juga: 4 Tips Membangun Branding yang Bisa Bikin Produk Jualan jadi Terkenal

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, setidaknya terdapat 1,1 juta UMKM di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2021. Jumlah tersebut setara dengan 98,78 persen dari total jumlah usaha di DKI Jakarta.

UMKM menjadi sumber penyediaan kebutuhan masyarakat DKI Jakarta, dengan kontribusi terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com