Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Tembus Pasar Ekspor, Simak Bronis UMKM!

Kompas.com - 30/06/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menembus pasar ekspor tentu adalah impian para pelaku UMKM. Dengan bisnis yang bisa menembus pasar ekspor, tentu akan memberikan manfaat yang positif bagi usaha yang dirintis maupun pertumbuhan ekonomi nasional.

UMKM di Indonesia sendiri punya sejumlah kelebihan untuk menembus pasar ekspor. Namun, belum banyak yang bisa menembus pasar ekspor.

Kontribusi UMKM terhadap nilai ekspor Indonesia masih cukup rendah. Per Januari 2020, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat sumbangsih UKM terhadap total ekspor hanya ada pada kisaran 14,5 persen.

Di sisi lain, peluang ekspor produk UMKM di Indonesia masih terbuka lebar. Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2020 mencatat, nilai ekspor Indonesia mencapai US 14,09 miliar dollar Amerika Serikat. Sebagian besar ekspor tersebut ditopang oleh ekspor non migasi yakni sekitar US 13,25 miliar Amerika Serikat.

Besarnya peluang produk UMKM untuk menembus pasar ekspor seharusnya bisa ditangkap oleh pelaku usaha UMKM. Untuk bisa menembus pasar ekspor, pelaku usaha UMKM harus memiliki pengetahuan dan strategi yang mumpuni.

Lalu apa saja sebenarnya yang menjadi hambatan pelaku UMKM dalam menembus pasar ekspor? Apa saja yang harus disiapkan para pelaku UMKM agar bisa menembus pasar ekspor?

Kompas.com melalui rubrik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menghadirkan program Bronis UMKM . Program Bronis kali ini mengangkat topik "Tips UMKM Bisa Tembus Pasar Ekspor".

Acara Bronis UMKM ini akan digelar dalam bentuk talkshow secara live di media sosial Kompas.com yaitu Instagram, Youtube, dan Facebook. Acara ini akan diselenggarakan pada Kamis, 30 Juni 2022 pada pukul 16.00 WIB.

Dalam acara Bronis UMKM kali ini, SVP Ekosistem Xpora Bank BNI, J. Donny Bima Herjuno akan berbagi tips seputar menembus pasar ekspor untuk para pelaku UMKM. Acara live akan berlangsung selama satu jam.

Kamu bisa bertanya kepada narasumber secara langsung lewat kolom komentar. Jangan ketinggalan Bronis UMKM, ya! Follow Instagram, subscribe dan nyalakan notifikasi Youtube!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com