Bisnis Jalan di Tempat? Perbaiki dengan Cara Ini

Kompas.com - 02/07/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com - “Yang susah bukan memulai bisnis, tetapi membangunnya.” Ungkapan ini mungkin benar adanya. Banyak pengusaha kesulitan membangun dan mengembangkan bisnis bukan karena masalah modal, sehingga bisnis jalan di tempat.

Sewaktu baru memulai bisnis, kamu begitu antusias. Terbayang dalam benak bisnismu akan berkembang pesat, memberi keuntungan besar, bahkan merambah ekspor dan go internasional.

Namun begitu bisnis dijalankan, nyatanya tak sesuai harapan. Jualan sepi, pembeli hanya satu dua orang, omzet segitu-gitu saja, dan belum juga menikmati laba meski bisnis sudah berjalan bertahun-tahun.

Kondisi ini tentu bukanlah tanpa sebab. Mungkin saja kamu sudah melakukan kesalahan yang membuat bisnis tak berkembang atau stuck. Berikut cara memperbaikinya, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Segera buat rencana bisnis

Kesalahan pertama yang membuat bisnismu jalan di tempat adalah kamu tidak memiliki rencana bisnis. Saking semangatnya, kamu mengabaikan rencana bisnis yang sangat penting. Akibatnya, kamu tidak tahu mau di bawa ke mana bisnis tersebut.

Padahal kegunaan dari rencana bisnis bisa membuat kamu lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis. Dengan begitu, tujuanmu merintis bisnis akan tercapai sesuai target yang telah ditetapkan. Bisnis dapat berkembang dengan baik.

Oleh karenanya, sebelum bisnismu tenggelam, segera buat rencana bisnis. Tulis maksud dan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah bisnis, target jangka pendek, menengah, dan panjang. Serta bagaimana cara kamu untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk solusi terhadap kendala yang muncul nantinya, serta lainnya.

Selain itu, buat analisis usaha, seperti analisis produksi, tenaga kerja, pemasaran dan distribusi, keuangan dan pengembalian modal, ekspansi dan pengembangan bisnis, sampai analisis risiko usaha.

Buat rencana bisnis optimistis, namun tetap realistis dan terukur sehingga bisnis dapat dijalankan dengan baik. Artinya, tidak terlalu ambisius atau muluk, yang pada akhirnya menggunakan segala cara untuk mencapainya.

2. Meningkatkan promosi

Dalam kegiatan bisnis, promosi mutlak diperlukan. Inilah yang menjadi kesalahan pengusaha berikutnya yang membuat bisnis tidak berkembang, yakni tidak melakukan promosi. Kamu tidak melakukan apapun untuk menarik calon konsumen. Tidak memperkenalkan merek atau produk yang kamu jual, bahkan menawarkannya.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.