Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami, Ini Fungsi HAKI bagi UMKM

Kompas.com - 09/09/2022, 18:28 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) penting untuk pertahanan dan keberlanjutan sebuah usaha, termasuk usaha kecil.

Memiliki HAKI memang bukan hal utama bagi usaha kecil, tapi perannya cukup fundamental. Utamanya jika produk atau layanannya benar-benar baru dan dan merupakan hasil inovasi (di bidangnya).

Hingga saat ini, jumlah UMKM di Indonesia sudah mencapai 60 juta. Namun dari jumlah itu, pengajuan baru sertifikasi HAKI diprediksi hanya mencapai 7 juta pendaftar.

Baca juga: Warga Desa di Malang Ini Manfaatkan Halaman untuk Budidayakan Rumput Taman

Padahal, ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh UMKM ketika mereka mendaftarkan HAKI.

Lantas, apa saja fungsi dari pendaftaran HAKI untuk UMKM? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Perlindungan Hukum kepada Pencipta

Perlindungan hukum ini tidak hanya bagi subjek pencipta, tapi juga terhadap karya atau produk yang diciptakan beserta nilai ekonomisnya.

2. Antisipasi terhadap Pelanggaran Hak oleh Pihak Lain

Di tengah ramainya persaingan UMKM, HAKI berperan untuk mencegah pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual seorang pelaku usaha. Misalnya, Anda memiliki inovasi produk tertentu, maka orang lain tidak dapat 'mencuri' inovasi tersebut dengan sembarangan.

3. Memperluas Cakupan Pasar Lokal

UMKM di Indonesia sangatlah beragam. Setiap industri memiliki model UMKM di dalamnya. Dengan adanya HAKI, pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi dan memperluas jangkauan pasar di setiap industrinya. Hal ini dikarenakan seorang pelaku UMKM tidak dapat 'menyalin' usaha orang lain dengan mudah.

Baca juga: Ingin Punya Nomor Induk Berusaha? Ini Syarat dan Cara Memperolehnya

4. Ragam Kompetisi untuk Mengembangkan Ide Baru

Persaingan pasar akan semakin besar. Dengan adanya HAKI, pelaku usaha diharapkan lebih termotivasi untuk menciptakan ide atau inovasi baru. Persaingan ide-ide baru ini tentu akan berdampak positif pada ragam kekayaan intelektual yang dimiliki UMKM lokal.

5. Sebagai Bahan Penelitian dan Strategi Industri

Artinya, data kekayaan intelektual yang dimiliki HAKI dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan metode penelitian, strategi industri, dan strategi usaha di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com