Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Penting yang Perlu Diingat Saat Memiliki Partner Bisnis

Kompas.com - 19/09/2022, 14:17 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun network atau jaringan, berbeda dengan mencari partner untuk merintis usaha. Seorang partner adalah sosok yang ikut merintis usaha bersama Kamu sejak awal.

Membangun sebuah bisnis memang tidak harus selalu bersama orang lain, Kita dapat membangunnya secara mandiri. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan untuk Kamu merintis sebuah usaha hasil brainstorming dengan orang lain yang memiliki visi dan misi yang sama.

Masalahnya, memilih atau mengajak seorang partner bisnis tidak mudah dan tidak bisa sembarangan. Kamu perlu memiliki sistem komunikasi yang baik untuk membangun hubungan bisnis yang sehat.

Baca juga: 10 Usaha Kuliner Yang Cocok Dikembangkan di Desa

Selain dapat memperkokoh pondasi keuangan, seorang partner dapat membantu dalam menyelesaikan fungsi serta tugas dalam waktu yang lebih efisien. Menggabungkan keahlian dan pengalaman Kamu bersama partner juga bisa mempermudah pencapaian usaha yang dibangun.

Melalui beberapa sumber dan analisa pertimbangannya, berikut adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat membangun usaha bersama seorang mitra:

1. Menentukan Prinsip, Visi, dan Misi yang Searah

Menyamakan prinsip dalam berbisnis adalah sesuatu yang penting untuk memulai bisnis bersama. Perlu diingat prinsip berbisnis berbeda dengan prinsip kehidupan pribadi. Saat bicara prinsip bisnis, kamu dan partner perlu berjalan beriringan untuk mencapai visi misi usaha yang sudah ditentukan serta membantu untuk strategi pengambilan keputusan di masa depan.

2. Tentukan Bentuk Relasi dengan Partner

Ada pengusaha yang menganggap seorang partner adalah orang yang dapat dipercaya dan mempercayai mereka hanya dalam urusan bisnis bersama. Namun, ada juga orang yang menganggap perlu adanya hubungan yang jauh lebih dekat untuk membangun keselarasan dalam berbisnis.

Semua bergantung pada model usaha dan target bersama yang sudah ditentukan. Tidak ada yang salah dan benar dari kedua hal itu.

3. Kenali Kekurangan dan Kelebihan Masing-masing

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya. Saat bekerja sama, Kamu dan partner perlu saling mengenal kekurangan, kelebihan, dan karakter masing-masing. Hal ini bertujuan untuk membagi peran dan tugas agar sesuai kemampuan. Selain itu, hal itu dapat membangun relasi bisnis yang sehat karena bertujuan untuk saling melengkapi.

Misalnya, partner Kamu lebih pandai dalam mengurus keuangan, sedangkan Kamu lebih baik dalam membangun network. Oleh karena itu, pembagian peran akan lebih mudah, Kamu bisa berfokus pada pemasaran dan partner Kamu akan berfokus pada urusan finansial.

Baca juga: 4 Kiat Dasar agar Produk UMKM Tembus Pasar Global

4. Bangun Karakter Kreatif dan Rendah Hati

Dalam menjalankan bisnis, kreativitas sangat diperlukan. Namun, selain itu, sifat rendah hati juga sangat dibutuhkan. Kamu dan partner penting untuk saling mengingatkan dan menjaga sifat rendah hati dalam membangun bisnis bersama.

Hal ini dikarenakan sejak awal, usaha yang dibangun sudah diputuskan untuk menjadi proyek bersama sehingga sangat tidak tepat ketika seseorang merasa lebih menonjol dan berperan di dalamnya.

5. Perjanjian dan Kontrak Mitra yang Jelas

Dalam membangun bisnis dengan seorang partner, sedekat apa pun hubungan yang terjalin, kontrak dan perjanjian tetap penting untuk dibuat.

Kontrak berguna untuk mencegah masalah di masa depan. Tiap-tiap pihak di dalamnya dapat mengetahui dengan jelas hak hak dan kewajibannya dalam berbisnis. Kontrak juga berguna untuk menentukan cara penyelesaian masalah yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com