Sport Tourism Turut Mendorong Bergeliatnya UMKM di Kawasan Danau Toba

Kompas.com - 04/10/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini Danau Toba Rally Champhionsip dan Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 digelar di kawasan Danau Toba.

Event tersebut mampu menaikkan okupansi hotel dan menggerakkan ekonomi, termasuk sektor Usaha Mikro Kecil Menengah di kawasan tersebut.

Danau Toba sebagai destinasi super-prioritas pun kini menjadikan sport tourism sebagai andalan untuk menggaet wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca juga: Bantu Berdayakan UMKM Naik Kelas, Ini Cara Jasa Raharja

 

Sejumlah pelaku industri pariwisata setempat pun mengakui pentingnya sport tourism menjadi magnet untuk menarik wisatawan ke Danau Toba. 

Seperti diungkapkan oleh Kepala Marketing Hotel Niagara Parapat, Fifien Eightnes Grace Kowelmengatakan, selama event APRC 2022, okupansi di Hotel Niagara naik hingga 50 persen dari hari-hari biasanya.

“Penyelenggaraan APRC 2022 sangat berdampak pada okupansi hotel kami. Saat weekday pun jumlah tamu yang menginap di Hotel Niagara juga naik dari hari-hari biasanya. Dengan event ini, masyarakat di luar Sumatera Utara akhirnya menjadi lebih tahu tentang Danau Toba,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (4/10/2022).

Grace mengatakan, jika event nasional dan internasional diselenggarakan lebih rutin, tak menutup kemungkinan hal itu akan semakin membuat pariwisata sekitar Danau Toba semakin berkembang.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara Denny S. Wardhana menjelaskan, event APRC 2022 yang didukung penuh oleh PT Toba Pulp Lestari Tbk memang menjadi angin segar bagi pariwisata di Danau Toba.

Menurutnya, para anggota PHRI Sumut yang berada di sekitar Danau Toba melaporkan ada kenaikan signifikan dari para tamu karena event APRC 2022.

“Tak hanya APRC 2022, kami berharap ada event lainnya bisa segera digelar secara rutin di kawasan Danau Toba agar bisa menarik banyak wisatawan yang datang. Banyaknya pilihan atraksi akan mampu menarik lebih banyak wisatawan, yang pada akhirnya bisa menarik investor di bidang hospitality,” ungkapnya.

Baca juga: Sekolah Kopi TPL Bantu Perbaiki Kesejahteraan Petani di Kawasan Danau Toba

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.