Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enggak Cuma Kekinian, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Buka Warung Kopi

Kompas.com - 07/11/2022, 13:18 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Warung kopi atau coffee shop yang menjamur di berbagai wilayah menjadi bukti bahwa bisnis ini memberikan keuntungan dan tak sekedar mengejar tren kekinian.

Namun, tak hanya keuntungan yang harus diperhatikan oleh pebisnis warung kopi, tapi juga kesuksesan agar bisa bertahan lama.

Pebisnis harus bisa membaca kebutuhan dan keinginan target. Mulai dari pecinta kopi ataupun masyarakat umum yang gemar melakukan banyak hal di warung kopi, seperti bekerja, kerja kelompok, berkumpul dengan teman – teman ataupun rapat dengan klien.

Belajar dari target pasar dan tren, Anda bisa memulai bisnis warung kopi dengan memperhatikan 5 hal berikut ini, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Pilihan kopi

Warung kopi tentunya menjual kopi sebagai pokok bisnisnya. Tentunya, pemilihan kopi yang dijual juga harus diperhatikan, mengingat yang datang ke warung kopi bukan hanya kalangan tongkrongan tetapi juga pecinta biji kopi.

Keuntungan membuka warung kopi di Indonesia adalah banyaknya ragam pilihan biji kopi dari seluruh wilayah Nusantara. Bahkan, warung kopi biasanya tak hanya menjual minuman yang siap diminum atau dibawa pulang tetapi juga biji kopi pilihan favorit di Indonesia dalam menunya.

2. Lokasi

Lokasi juga penting menjadi perhatian bagi yang ingin membuka warung kopi. Seperti kenyataan saat ini, di wilayah yang menjadi tempat berkumpul anak muda, tak sedikit warung kopi dengan jarak berdekatan bahkan bersebelahan.

Hal itu perlu diperhatikan bagi pebisnis warung kopi untuk memilih lokasi yang tepat dan jika berdekatan membangun persaingan sehat. Bahkan, menjadi penting untuk bisa memiliki ciri khas sendiri baik dari segi visual hingga menu yang ditawarkan agar menjadi pembeda dan karakter warung kopi Anda.

3. Makanan

Warung kopi tentunya tak hanya menjual minuman kopi tapi juga makanan penamping lainnya. Baik kue, roti, hingga makanan utama. Sebab, berbagai karakter pengunjung warung kopi saat datang, seperti hanya ingin menikmati kopi saja atau sambil makan makanan berat.

Tak sedikit warung kopi saat ini khusus menyajikan roti khasnya sebagai makanan pendamping kopi. Tak hanya itu, bahkan juga ada yang memiliki menu makanan berat seperti nasi dengan varian menu lauk, spageti, dan burger.

Baca juga : 5 Cara Menentukan Sumber Modal Bisnis Warung Kopi

4. Hiburan

Datang ke warung kopi tak melulu hanya untuk memenuhi kebutuhan asupan tapi juga penting adanya hiburan. Beragam jenis hiburan yang bisa ditawarkan warung kopi, seperti penampilan band, fasilitas board game, komik/buku dan game machine.

Pilihan hiburan yang dihadirkan di warung kopi bisa menjadi bentuk layanan membuat pengujung betah dan datang lagi di kemudian hari. Sebab, ini menjadi daya tarik pengunjung dan ciri khas dari warung kopi yang Anda bangun.

5. Kenyamanan

Selain pilihan menu dan hiburan, kenyaman menjadi poin penting dalam membangun bisnis warung kopi. Hal ini bisa menjadikan bisnis Anda mendapatkan pelanggan setia dan baru.
Adapun kenyamanan yang bisa ditawarkan seperti fasilitas seperti hiburan dan internet yang membuat pelanggan betah.

Penting juga fasilitas bangku dan meja, juga konsep desain interior yang mendukung kenyamanan para pengunjung.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com