Enggak Cuma Kekinian, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Buka Warung Kopi

Kompas.com - 07/11/2022, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Warung kopi atau coffee shop yang menjamur di berbagai wilayah menjadi bukti bahwa bisnis ini memberikan keuntungan dan tak sekedar mengejar tren kekinian.

Namun, tak hanya keuntungan yang harus diperhatikan oleh pebisnis warung kopi, tapi juga kesuksesan agar bisa bertahan lama.

Pebisnis harus bisa membaca kebutuhan dan keinginan target. Mulai dari pecinta kopi ataupun masyarakat umum yang gemar melakukan banyak hal di warung kopi, seperti bekerja, kerja kelompok, berkumpul dengan teman – teman ataupun rapat dengan klien.

Belajar dari target pasar dan tren, Anda bisa memulai bisnis warung kopi dengan memperhatikan 5 hal berikut ini, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Pilihan kopi

Warung kopi tentunya menjual kopi sebagai pokok bisnisnya. Tentunya, pemilihan kopi yang dijual juga harus diperhatikan, mengingat yang datang ke warung kopi bukan hanya kalangan tongkrongan tetapi juga pecinta biji kopi.

Keuntungan membuka warung kopi di Indonesia adalah banyaknya ragam pilihan biji kopi dari seluruh wilayah Nusantara. Bahkan, warung kopi biasanya tak hanya menjual minuman yang siap diminum atau dibawa pulang tetapi juga biji kopi pilihan favorit di Indonesia dalam menunya.

2. Lokasi

Lokasi juga penting menjadi perhatian bagi yang ingin membuka warung kopi. Seperti kenyataan saat ini, di wilayah yang menjadi tempat berkumpul anak muda, tak sedikit warung kopi dengan jarak berdekatan bahkan bersebelahan.

Hal itu perlu diperhatikan bagi pebisnis warung kopi untuk memilih lokasi yang tepat dan jika berdekatan membangun persaingan sehat. Bahkan, menjadi penting untuk bisa memiliki ciri khas sendiri baik dari segi visual hingga menu yang ditawarkan agar menjadi pembeda dan karakter warung kopi Anda.

3. Makanan

Warung kopi tentunya tak hanya menjual minuman kopi tapi juga makanan penamping lainnya. Baik kue, roti, hingga makanan utama. Sebab, berbagai karakter pengunjung warung kopi saat datang, seperti hanya ingin menikmati kopi saja atau sambil makan makanan berat.

Tak sedikit warung kopi saat ini khusus menyajikan roti khasnya sebagai makanan pendamping kopi. Tak hanya itu, bahkan juga ada yang memiliki menu makanan berat seperti nasi dengan varian menu lauk, spageti, dan burger.

Baca juga : 5 Cara Menentukan Sumber Modal Bisnis Warung Kopi

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.