Siti Sulastri Bangkitkan Pamor Rempah Maluku melalui Brand Tanawan

Kompas.com - 14/11/2022, 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternate Maluku Utara kaya akan rempah-rempah yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Bahkan karena komoditas tersebut, daerah ini pernah berada di masa kejayaan karena menjadi sentra perdagangan rempah.

Namun seiring dengan pergantian zaman, Ternate perlahan-lahan berubah dan rempah tak lagi menjadi tulang punggung perekonomian daerah ini. 

Meski begitu, sejumlah pelaku usaha di Ternate tetap setia untuk memanfaatkan rempah sebagai bahan baku produk olahan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh brand Tanawan, sebuah usaha rintisan seorang ibu di Ternate, Siti Sulastri.

Baca juga: Rempah-rempah yang Selalu Menghidupi Perekonomian Maluku Utara

Siti Sulastri bercerita, saat pertama datang ke Ternate, dia belum begitu paham dengan kekayaan dari daerah ini. Maklum, dia merupakan perempuan asal Jawa Tengah yang menikah dengan warga asli Ternate.

Ketika dia memulai usaha pada 2014, Siti Sulastri mengawali perjalanannya dengan menjual produk olahan ikan.

"Pertama kali usaha saya berdiri itu menjual produk olahan ikan dengan berbagai varian rasa," ujar Siti dalam kesempatan wawancaranya bersama Kompas.com pada Jumat (11/11/2022).

Siti menceritakan bahwa produk olahan ikan yang masih dijualnya sampai saat ini memiliki berbagai jenis olahan dan rasa khas Maluku Utara, seperti ikan tuna masak kering kayu yang dimasak dengan bumbu ragam rempah.

Dari situ, Siti mulai mengembangkan ide untuk membuat produk lain yang berbahan dasar rempah khas daerahnya.

"Seiring berjalannya waktu, kami membuat produk camilan dari kulit buah pala, yang kita sebut pala crispy. Kemudian ada juga produk minuman sari buah pala, sirup pala, dan minuman pala bersoda," jelas Siti.

Lewat produk-produk berbahan dasar pala itu, Siti terus mengembangkan ragam produknya dan berinovasi, misalnya lewat produk air goraka instan.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.