Terapkan Dua Langkah Ini Sebelum Cari Tambahan Penghasilan lewat Investasi

Kompas.com - 22/11/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing, membeberkan dua langkah sederhana agar masyarakat termasuk pelaku usaha yang ingin tambah penghasilan terhindar dari investasi ilegal.

Hal ini disampaikannya dalam sesi pemaparan di kegiatan Sosialisasi Waspada Investasi Ilegal dan Pinjol Ilegal, di IPB University, Bogor, Senin (21/11/2022).

“Kalau kita ingin investasi dengan iming-iming hasil yang tinggi, kita perlu cek unsur 2L yaitu Legal dan Logis,” tutur Tongam.

Baca juga: Tips Sukses Ternak Kambing Kaligesing hingga Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Menurut Tongam, unsur legal ini berkaitan dengan perizinan investasi tersebut dengan lembaga terkait sesuai dengan jenisnya.

Status perizinan yang meliputi badan hukum dan produk ini penting untuk dicek, sebelum investor melakukan investasi.

“Tanyakan izin badan hukumnya, produknya, kegiatannya, kalau tidak ada izin jangan investasi. Kalau jasa keuangan perlu ada izin OJK, kalau koperasi, izin KemenKopUKM, kalau dia multi level marketing, izin Kemendag, kalau dia perdagangan berjangka komoditi, izin Bappebti,” jelas Tongam.

Bagi masyarakat dan pelaku usaha yang mengalokasikan dananya pada berbagai jenis investasi, tentu mengharapkan keuntungan di kemudian hari.

Terkait hal tersebut, Tongam menegaskan bahwa aspek logis dan rasional terkait keuntungan atau imbal hasil yang didapatkan dari investasi tersebut perlu diterapkan.

Baca juga: Austindo Nusantara Jaya Dorong Kaum Milenial di Jember Terjun Jadi Petani

Jangan sampai, dengan iming-iming keuntungan yang tinggi dan nihil risiko, menyebabkan masyarakat dan pelaku usaha terjerumus investasi ilegal yang merugikan.

“Luangkan waktu kita paling tidak 5-10 menit untuk melihat apakah logis dan rasional imbal hasil dan keuntungannya. Pilih investasi yang memiliki imbal hasil wajar dan tidak too good to be true,” pungkasnya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.