5 Kiat Dasar Memulai Usaha Makeup Artist

Kompas.com - 23/11/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, model usaha yang menawarkan jasa juga terus berkembang, salah satunya usaha make-up artist (MUA).

Bagi orang-orang yang gemar dan pandai untuk merias wajah, bisnis MUA seharusnya jadi peluang yang menjanjikan untuk menyalurkan hobi dan skill mereka.

Namun, terkadang seringkali ada hambatan atau ketakutan yang menghalangi niat untuk memulai usaha ini.

Hambatan-hambatan yang umumnya seperti keterbatasan alat make-up, klien dengan karakteristik kulit yang berbeda-beda, preferensi model make-up yang beragam, hingga keterbatasan akses serta link menuju klien.

Baca juga: Bangkitkan UMKM Fesyen, Purworejo Modest Fashion Day Digelar

Seharusnya, sebagai seorang yang baru ingin memulai atau merintis usaha rias wajah, Kamu tidak perlu khawatir. Bisnis ini bisa dimulai dengan ‘modal’ yang cukup atau disesuaikan dengan kemampuan.

Apa saja ‘modal’ yang dibutuhkan? Bagaimana menyesuaikan modal dan memanfaatkan skill Kamu untuk memulai usaha rias wajah? Berikut beberapa kiatnya.

1. Memulai dengan Modal Kecil

Seorang MUA profesional umumnya membutuhkan modal yang tidak kecil. peralatan yang tidak sedikit. Mulai dari nilai alat make-up nya, biaya kursus make-up, hingga modal akomodasi.

Namun, seorang pemula tidak wajib untuk memulai usaha rias wajah dengan peralatan yang mewah dan mahal.

Baca juga: Kain Jumputan Marno Collection, Jenis Batik Tradisional untuk Fesyen dan Buah Tangan dari Mojolaban

Kamu bisa memulai bisnis ini bahkan dengan peralatan yang masih sesuai dengan budget, yang penting alat tersebut aman dan memang layak untuk digunakan. Mulailah mencari kerabat, teman, atau keluarga yang dapat dijadikan klien awal.

2. Keinginan untuk Terus Belajar dari Mana saja

Pada umumnya, Kamu bisa membekali pengetahuan seputar make-up dan tata rias dengan belajar di sekolah kecantikan atau kelas kursus make-up. Namun, di era digital yang terus berkembang ini, kita dapat meraih ilmu dari mana saja.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.