Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawarkan Cuan yang Menjanjikan, 7 Usaha Sampingan Ini Patut Dicoba

Kompas.com - 28/12/2022, 07:39 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Memiliki usaha sampingan adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Pasalnya, tak hanya memberikan cuan tambahan, usaha sampingan ini juga bisa menjadikan waktu luang lebih produktif.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk membuka usaha sampingan tak bisa sembarangan dilakukan. Perlu perhitungan yang matang agar usaha berjalan lancar dan memberikan keuntungan.

Mengetahui kebutuhan pasar dan trend saat ini juga menjadi poin penting agar usaha sampingan berjalan sesuai harapan.

Agar tidak bingung, di bawah ini beberapa rekomendasi ide usaha sampingan untuk bisa dijadikan bahan pertimbangan dengan menawarkan cuan yang menjanjikan, seperti dilansir Cermati.com:

1. Toko Kelontong

Ide usaha sampingan yang pertama dan paling banyak dilakukan adalah membuka toko kelontong. Keberadaan toko kelontong ini memang tak lekang oleh waktu. Bahkan di tengah gempuran online shop yang memberikan berbagai penawaran menarik, toko kelontong tetap memiliki cukup banyak peminat.

Karena keberadaannya yang mudah ditemukan, khususnya di tengah pemukiman, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi siapa pun yang ingin membuka usaha ini. Perlu dilakukan inovasi agar toko kelontong milikmu memiliki keunggulan tersendiri sehingga tetap diminati banyak orang.

Kamu bisa memberikan pelayanan yang ramah dan cepat. Lalu, pastikan untuk menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat, ya. Semakin lengkap barang yang tersedia, makin tertarik pula pembeli untuk datang.

Tak kalah penting untuk memastikan kualitas produk yang dijual selalu baik. Pastikan juga mematok harga yang cukup bersaing, bahkan bisa juga lebih murah. Tambahkan pula layanan pesan antar (delivery order) agar semakin memperluas jangkauan pembeli.

2. Berjualan Pulsa dan Kuota

Saat ini, handphone telah menjadi hal penting bagi setiap orang. Banyak hal yang dilakukan melalui handphone, baik itu pekerjaan, pelajaran di sekolah, bahkan berbelanja. Tak heran jika kebutuhan pulsa dan kuota pun terus mengalami peningkatan.

Itulah alasan memilih usaha sampingan dengan berjualan pulsa dan kuota internet adalah hal yang menjanjikan. Selain mudah dan bisa dilakukan di mana saja, usaha ini juga tak memerlukan modal yang besar. Hanya perlu beberapa ratus ribu saja sudah bisa membuka usaha ini.

3. Jasa Laundry

Ide usaha sampingan lain yang patut dicoba adalah jasa laundry. Usaha ini telah banyak menjamur di masyarakat dengan berbagai penawaran yang menarik dan harga yang cukup bersaing.

Tenang saja, meskipun mudah dijumpai, usaha ini tetap menjanjikan. Apalagi di tengah rutinitas masyarakat yang sibuk, membuat mereka tak memiliki waktu untuk mencuci atau menyetrika pakaian.

Sebagai awalan, kamu bisa memanfaatkan mesin cuci yang sudah ada di rumah. Selanjutnya, jika usaha sudah mulai berkembang, barulah bisa menambah unit mesin cuci dan meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan semakin tertarik untuk menggunakan jasa laundry milikmu.

4. Jasa Freelance

Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah memberikan dampak positif yang begitu signifikan, salah satunya banyak dibutuhkan pekerja freelance di berbagai perusahaan. Usaha sampingan ini bisa dilakukan di luar jam kerja, di mana pun dan kapan pun. Kamu bisa menemukan begitu banyak tawaran freelance di internet.

Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati, ya. Pastikan freelance yang dipilih terpercaya dan juga mendapatkan keuntungan yang sepadan. Jangan lupa juga untuk bertanggungjawab dengan pekerjaan yang telah kamu pilih agar mendapatkan hasil dan maksimal dan lebih mudah membangun relasi.

Baca juga: 20 Bisnis Menjanjikan yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com