Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Cuan Saat di Rumah, Ini Ide Bisnis Pertanian yang Patut Dicoba

Kompas.com - 08/01/2023, 10:29 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Memiliki bisnis yang bisa dilakukan di rumah adalah hal yang menyenangkan. Apalagi cuan yang ditawarkan dari bisnis rumahan juga cukup menjanjikan.

Satu di antara ide bisnis rumahan yang perlu dicoba adalah di bidang pertanian. Ide bisnis yang satu ini memiliki banyak peminat karena produk yang ditawarkan cukup bervariasi.

Apalagi produk pertanian termasuk dalam kebutuhan pokok yang diperlukan setiap harinya, seperti sayuran dan buah-buahan menjadi hal penting yang harus dikonsumsi setiap hari. Inilah alasan mengapa produk pertanian selalu tinggi permintaanya.

Seiring dengan perkembangan zaman, usaha pertanian bisa juga dijalankan di rumah. Anda bisa menjadi petani modern dengan menerapkan teknik maupun media tanam yang lebih variatif untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan terjamin.

Berikut beberapa ide bisnis pertanian yang bisa Anda jalankan di rumah, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Tanaman Organik

Ide pertama untuk menjalankan bisnis pertanian rumahan adalah dengan menawarkan tanaman organik. Peminat dari produk ini terbilang cukup tinggi karena dalam proses menanamnya tidak melibatkan zat kimia. Dengan begitu, produk organik ini dipercaya lebih sehat dan berkualitas.

Anda bisa mencari informasi mengenai cara dan tips menjalankan bisnis tanaman organik ini di internet atau buku-buku pertanian. Bisa juga melalui para senior yang lebih dahulu memulai bisnis ini. Dengan begitu, Anda akan lebih paham mengenai seluk-beluk bisnis tanaman organik, sehingga bisa memperkecil kemungkinan merugi.

Memang dari segi waktu, tanaman organik memerlukan waktu lebih lama untuk bisa dipanen. Namun, jika kualitasnya lebih sehat dan terjamin, pelanggan pun tak akan keberatan untuk menunggu.

2. Tanaman Obat

Bagi sebagian orang, obat-obatan tradisional atau herbal masih menjadi pilihan utama. Keyakinan terhadap minimnya risiko yang ditimbulkan dari konsumsi obat ini menjadi alasan utamanya. Apalagi di era pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, obat-obatan tradisional semakin diburu karena dipercaya ampuh dalam mencegah dan mengobati virus.

Ini tentu bisa menjadi peluang yang menjanjikan dalam bisnis pertanian rumahan. Anda bisa memanfaatkan lahan di rumah untuk menanam berbagai tanaman obat yang selanjutnya diracik menjadi obat-obatan herbal. Setelah itu, bisa dipasarkan secara offline maupun online. Dengan begitu, tanaman herbal di pekarangan rumah pun bisa tetap menguntungkan.

3. Bibit Tanaman

Ide selanjutnya untuk memulai bisnis pertanian di rumah adalah dengan menjual bibit tanaman. Ide ini cukup menjanjikan karena peminatnya selalu banyak. Biasanya, pembeli akan membutuhkan bibit tanaman, baik untuk usaha atau sekadar hobi bercocok tanam.

Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit tanaman, baik sayuran, buah, maupun tanaman hias. Usahakan untuk menyediakan bibit dengan kualitas terbaik agar pelanggan puas dan datang lagi.

Jangan lupa untuk selalu mencari tahu informasi terkini mengenai tanaman apa yang sedang ramai peminat. Ini diperlukan agar kamu tak tertinggal tren yang berujung mengecewakan pembeli.

Baca juga: Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar

4. Tanaman Rempah

Jika di atas sudah dijelaskan mengenai bisnis tanaman obat, maka Anda mungkin bisa melengkapinya dengan tanaman rempah. Jenis tanaman ini juga memiliki banyak peminat, karena tak semua daerah tersedia jenis rempah tertentu.

Apalagi jika pangsa pasar Anda sudah mencakup luar kota atau bahkan luar negeri, menyediakan rempah yang lengkap akan semakin menarik pembeli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com