Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Sanggar Saung Lidi Bina Masyarakat Berkreasi dengan Lidi

Kompas.com - 23/01/2023, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Salah satu upaya menciptakan lapangan kerja untuk menggulirkan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Pandeglang, adalah dengan melakukan pembinaan kerajinan tangan dari bahan baku lidi.

Ketua Bidang Pelatihan Komunitas Sanggar Saung Lidi Banten Ajat Sudrajat mengatakan, pihaknya melakukan pembinaan terhadap masyarakat lokal sekaligus memberdayakannya.

Lebih lanjut Ajat mengungkap, bahwa mereka bekerja sama dengan salah satu Universitas yang ada di kota Serang, agar bisa menciptakan kreatifitas masyarakat dalam kerajinan lidi, sehingga bisa bermanfaat untuk mensejahterakan ekonomi daerah melalui produk UMKM dari bahan anyaman itu.

Baca juga: Produsen Vanili Organik Binaan BI NTB Dapat Pesanan Senilai Rp 24 Miliar di Amerika

"Pembinaan ini kita lakukan dengan mahasiswa Fakultas Hukum CS02 Unversitas Sutomo (Unsut) Serang. Tujuannya agar benda yang dianggap tidak berguna menjadi bernilai," kata Ajat di Pandeglang seperti dikutip dari Antara.

Saat ini, kata dia, macam produksi kerajinan dari bahan baku lidi meliputi berbagai bentuk anyaman, di antaranya seperti piring, nampan, sangku, kotak tisu, vas bunga, keranjang buah hingga lampu hias dan lain sebagainya.

"Sudah ada 25 jenis macam produk yang bisa dibuat dan kita lakukan pembinaan kepada masyarakat," katanya.

Ajat menyebutkan, harga barang-barang hasil produksi dijual mulai dari Rp7 ribu hingga Rp200 ribu per barang, tergantung bentuk dan kerumitan dalam pembuatan.

"Jika ada yang ingin memesan kerajinan tangan dari lidi buatan kita, bisa langsung menghubungi kami langsung nomor 083866813525," kata dia.

Produksi kerajinan anyaman lidi itu, saat ini juga tengah dipasarkan ke sejumlah daerah lokal hingga Jabodetabek melalui media sosial maupun langsung ke konsumen.

Baca juga: Iriana Jokowi Apresiasi Kerajinan Tenun Jelujur Hasil Binaan dari Rumah Pertiwi

Sementara itu, mahasiswa Unsut Serang, Asep Rapiudin mengatakan, keikutsertaannya dalam pembinaan masyarakat merupakan dari Tri Dharma perguruan tinggi, terhadap pemberdayaan masyarakat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Dari Tri Dharma terdapat pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya kita lakukan pemberdayaan dengan melakukan pendampingan dan pembinaan pembuatan kerajinan tangan dari bahan lidi," pungkasnya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.