Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memasarkan Bisnis Salon Kecantikan? Simak Tips Berikut Ini

Kompas.com - 02/06/2023, 10:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis salon kecantikan termasuk bisnis yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Oleh karena itu, keberadaan pelanggan sangat penting untuk keberlangsungan suksesnya bisnis tersebut.

Apabila bisnis mengalami kesuksesan, tentu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Lalu, bagaimana cara menarik minat pelanggan supaya mendatangi bisnis salon kecantikanmu?

Tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips memasarkan bisnis salon kecantikan yang bisa diterapkan seperti dirangkum dari ukmindonesia.id.

1. Menjalankan riset pemasaran

Tips pertama adalah menjalankan riset pemasaran. Sebenarnya riset pasar yang baik dilakukan secara berkesinambungan.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui pelanggan yang berpotensial dan menargetkannya dengan produk dan perawatan yang cocok.

Baca juga: Kembangkan Usaha Salon Kecantikan, Simak caranya

Misalnya seperti jenis perawatan apa yang paling digemari pelanggan, produk perawatan yang paling laku, dan harga pesaing.

2. Beriklan di berbagai platform

Tips selanjutnya adalah beriklan di berbagai platform. Tujuannya melakukan hal tersebut untuk membuat orang-orang mengetahui keberadaan bisnis salon kecantikan kamu, jenis layanannya dan produk yang digunakan.

Platform yang bisa digunakan seperti media sosial, pamflet, podcast, situs web, email, dan lainnya.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Kecantikan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

3. Menggunakan strategi WOMM

Word of Mouth Marketing (WOMM) merupakan salah satu cara mempromosikan bisnis dari mulut ke mulut. Namun, strategi ini mempunyai sisi buruk dan sisi baik, hal ini tergantung dari kualitas pelayanan pada pelanggan.

Lantaran, apabila pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan mereka akan menyebarluaskan informasi mengenai kualitas pelayanan salon kecantikanmu.

Sebaliknya, apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan, tentu mereka tidak akan menyebarluaskan informasi yang tidak akan menguntungkan pada bisnismu.

4. Menjalankan promosi jangka pendek

Selanjutnya menjalankan promosi bisnis salon kecantikan yang sifatnya jangka pendek. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan baru, memperkenalkan produk dan jenis perawatan baru, dan lainnya.

Baca juga: Ingin Merintis Bisnis Online Produk Kecantikan? Ini Tipsnya

Misalnya dengan memberikan potongan harga pada pembelian produk ketiga atau memberikan diskon 10 persen untuk semua jenis produk sebelum jam 10 siang.

5. Menjadi sponsor pada suatu acara

Kamu bisa mencoba melakukan untuk menjadi sponsor pada acara tertentu seperti kompetisi ataupun pertunjukan seni dan budaya.

Ketika menjadi sponsor, nama dan logo dari salon bisnis kecantikanmu akan ditampilkan pada banner, pamflet, dan iklan khusus di acara tersebut.

Tidak hanya itu, kamu akan disediakan booth atau meja khusus untuk mempromosikan bisnis salon kecantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com