Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirclo Gelar Program Panen Omzet 2023 untuk Latih UMKM Paham Bisnis Berkelanjutan

Kompas.com - 06/07/2023, 17:42 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup penyedia layanan omnichannel commerce Sirclo kembali menghadirkan program pelatihan bagi UMKM yakni Panen Omset 2023 degan menggandeng Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia (UUS Maybank Indonesia).

Pada program kedua ini, Sirclo mengusung tema Bisnis UMKM Berkelanjutan dengan memberi pelatihan kepada UMKM untuk memahami bisnis berkelanjutan hingga mewujudkan nol emisi karbon.

 

CEO Entrepreneur Solutions Sirclo, Ferry Tenka mengatakan, antusiasnya peserta pada Panen Omset tahun lalu mendorong perusahaan kembali menjalankan program tersebut agar semakin relevan dan efektif dalam menunjang performa bisnis UMKM.

Baca juga: Cerita di Balik Usaha Sambal Bu Rudy, Bermula dari Jualan Nasi Pecel Rp 1.000

"Program Panen Omset tahun ini telah kami rancang sebagai panduan guna memudahkan pelaku usaha mengambil langkah awal dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (6/7/2023).

Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia juga menyampaikan, bahwa pelatihan ini diharapkan bisa membantu pengembangan pasar solusi keuangan syariah di Tanah Air.

"Di saat yang sama, melaksanakan salah satu amanat prinsip ekonomi syariah yaitu mengelola sumber daya yang ada demi kemaslahatan bersama,” ungkapnya.

Batch pertama Panen Omset 2023 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta, Semarang, Surabaya dan Medan.

Adapun modul pelatihan ini nantinya akan mencakup pemahaman mengenai bisnis digital, pelatihan digital marketing dan branding, hingga pemahaman konsep Reduce, Reuse, Recycle (3R).

Baca juga: Co-founder Hijack Sandals Ungkap Pentingnya Data Konsumen untuk Komunikasi

Selain pembekalan strategi bisnis berkelanjutan hingga pengantar ekonomi hijau, seluruh program intensif yang tersedia di Panen Omset 2023 juga diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kompetensi bisnis dan literasi digital pelaku UMKM.

"UMKM di 2023 itu jumlah nya sudah mencapai 65 juta tapi yang go digital baru 20 juta. Peran Social Bread hadir justru untuk membantu meningkatkan UMKM go digital dan sukses bisnis nya melalui digital, berharap dengan adanya Panen Omset ini bisa menjadi langkah awal yang baik," ujar Ester Jeanette, CMO & Co-Founder Social Bread.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com