Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawarkan Kuliner dan Kerajinan UMKM, Surabaya Kriya Gallery Raup Omzet Ratusan Juta

Kompas.com - 16/07/2023, 19:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pusat oleh-oleh, yang berisi kuliner atau souvenir khas daerah terkait.

Begitu juga Surabaya, memiliki Surabaya Kriya Gallery (SKG) Siola dan SKG MERR, yang sering menjadi tujuan para wisatawan untuk mencari oleh-oleh.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranasda) Surabaya Rini Indriyani menjelaskan, di SKG ada berbagai jenis makanan dan minuman, serta kerajinan tangan buatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya.

Baca juga: Sirclo Gelar Program Panen Omzet 2023 untuk Latih UMKM Paham Bisnis Berkelanjutan

"Oleh-oleh karya UMKM Kota Surabaya yang dijual di SKG cukup terjangkau, namun dengan kualitas jempolan," kata Rini seperti dikutip dari Antara, Minggu (16/7/2023).

Rini mengungkap, sejak diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada 7 Maret 2022 lalu, hingga saat ini SKG tersebut telah meraup omzet ratusan juta.

Hal ini karena, capaian transaksi setiap minggunya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

"Di SKG Siola kurang lebih mencapai Rp 33 juta per minggu, sedangkan per bulan kurang lebih bisa menghasilkan Rp 130 juta," papar Rini.

Sementara itu, lanjut dia, di SKG MERR per minggu bisa menghasilkan kurang lebih Rp16 juta. Sedangkan capaian di SKG MERR selama sebulan bisa mencapai kurang lebih Rp64 juta.

Jumlah omzet tersebut memang cukup memuaskan, tapi bukan berarti berpuas diri, peningkatan kualitas produk dan pelayanan di SKG Siola maupun di MERR terus dilakukan.

Rini mengaku, SKG saat ini masih belum memiliki laman atau aplikasi khusus berjualan secara daring. Namun untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pembelian secara daring.

Untuk meningkatkan omzet dan pelayanan pembelian, sementara ini pelanggan SKG bisa menggunakan link online shop Pemerintah Kota Surabaya melalui alamat laman epeken.surabaya.go.id dan bisa melalui Tokopedia.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Omzet Bisnis Waralaba? Begini Caranya

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com