Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara ini Untuk Membangun Daya Saing Bisnis

Kompas.com - 21/08/2023, 13:21 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyaknya pelaku UMKM yang menawarkan produk sejenis, bisa jadi membuat Anda yang menjalankan bisnis menjadi khawatir. Namun, untuk bisa memenangkan kompetisi, Anda harus memahami sejumlah hal.

Sebagai pelaku usaha, Anda dituntut untuk mampu membangun daya saing agar bisa memenangkan kompetisi. Caranya, perlu memperkuat beberapa hal yakni customer awareness, customer sensitivity, customer alignment, dan customer partnership.

Baca juga: 3 Tips Memulai Bisnis Online bagi Pelaku UMKM

Bagaimanapun, para pelaku UMKM harus memperhatikan bagaimana respon konsumen dari pengalamannya ketika melakukan bisnis dengan Anda. Terkadang para pelaku UMKM hanya berfokus bagaimana produknya dapat terjual habis tanpa memperhatikan bagaimana experience konsumen dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

Melansir pada buku Pola Perilaku Konsumen dan Produsen (2019) karya M.Yusnita, memahami perilaku konsumen ini penting untuk mengetahui bagaimana mereka mencari, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi sebuah produk.

Lantas, apa saja faedah yang bisa diambil ketika seorang pelaku usaha bisa mengetahui kepuasan pelanggan?

Baca juga: Urgensi Meningkatkan Kecakapan Digital UMKM

1. Fokus pada konsumen

Orientasi bisnis sejatinya adalah bagaimana memuaskan hati para konsumen atau target market bisnis. Seringkali hal ini terlewatkan oleh para pelaku UMKM yang berfokus pada produksi dan pemasaran.

Pelaku UMKM dapat mengamati bagaimana respon konsumen terhadap produk maupun pelayanan selama berbisnis. Salah satu yang dapat dilihat secara langsung yaitu apakah konsumen tersebut membeli kembali (repeat order) produk yang Anda Pasarkan.

2. Meningkatkan Kualitas Mutu

Kritik dan saran dari konsumen terkadang sering diabaikan oleh para pelaku UMKM. Padahal dari kritik dan saran Anda sebagai Pelaku UMKM dapat memanfaatkan umpan balik dari konsumen untuk meningkatkan kualitas mutu bisnis Anda, baik produk maupun pelayanan.

Baca juga: 5 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari Pelaku UMKM

Bukan hanya itu, Anda juga harus melakukan Quality Control semua produk bisnis Anda dan juga melakukan review untuk supplier produk.

3. Meningkatkan Kenyamanan Konsumen

Palayanan yang diberikan oleh para pelaku UMKM harus sesuai dan tepat dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan mengetahui suara konsumen, Anda bisa meningkatkan pelayanan yang Anda berikan. Dengan begitu, konsumen akan loyal kepada bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: UMKM Harap Bank Laksanakan Aturan Penyaluran KUR di Bawah Rp 100 Juta Tanpa Agunan

4. Bisa Ciptakan berbagai Inovasi

Dengan mendengarkan suara konsumen, Anda bisa membuat berbagai inovasi, yang memungkinkan produk yang ditawarkan lebih baik dari kompetitor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com