Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, Pedagang Alun-Alun Kota Batu Khawatir Cuaca Pengaruhi Omzet

Kompas.com - 30/12/2023, 08:57 WIB
Nugraha Perdana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Alun-Alun Kota Batu berharap momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) saat ini bisa mendatangkan lebih banyak konsumen.

Namun, kondisi cuaca di Kota Batu yang beberapa hari ini diguyur hujan menjadi kekhawatiran para pedagang. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Paguyuban PKL Alun-Alun Kota Batu Puspita Herdysari pada Kamis (28/12/2023).

"Harapannya tentu di momen Nataru ini, kami pedagang bisa ada peningkatan (omzet). Kekhawatirannya jangan sampai seperti tahun lalu, pernah dari pagi sampai pagi lagi hujan terus dan pengunjung otomatis berkurang," kata Pipit sapaan akrabnya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Buket Bunga Kering

Dia menyampaikan, omzet PKL di Pasar Alun-Alun Kota Batu pada libur Natal 2023 belum signifikan, atau sekitar 50 persen. Para pedagang berharap, pada libur Tahun Baru 2024 nanti terdapat peningkatan omzet yang lebih.

"Libur natal kemarin, meningkat iya, tapi hanya sekitar 50 persen dibandingkan hari biasa. Bisa dikatakan meningkatnya tidak banyak, cuman seperti saat malam minggu," katanya.

Baca juga: Pemkab Jayapura Berdayakan Perempuan di 2 Kampung Percontohan

Puspita memperkirakan pengunjung yang datang ke Alun-Alun Kota Batu tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena adanya destinasi-destinasi wisata baru di daerah lain.

"Bisa dilihat saat libur Natal kemarin jalanan agak lenggang, masih bisa dilewati dengan enggak berdesak-desakan," katanya.

Selain itu, Pipit juga menyinggung soal kurangnya perawatan wahana di kawasan Alun-Alun Kota Batu.

"Salah satu keluhan dari pengunjung itu soal bianglala, sudah lama tidak bisa digunakan, dan itu tadi cuaca pengaruh sekali," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com