Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Memperluas Jaringan Bisnis

Kompas.com - 16/02/2024, 21:31 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber BDC

KOMPAS.com - Pada dasarnya, jaringan bisnis adalah jaringan sosial yang menghubungkan bisnis satu sama lain untuk kepentingan pengembangan bisnis.

Namun, tidak semua jaringan sama dan tepat untuk tujuan bisnis Anda.

Yang-Hai Wang, Senior Client Partner BDC Advisory Services mengatakan, ada banyak jenis memperluas jaringan bisnis, karena itu penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui di awal apa yang diharapkan dari upaya memperluas jaringan bisnis.

Baca juga: Perkuat Rantai Pasok UMKM, Kemenparekraf Kolaborasi Bersama Jaringan Pengelola Hotel

“Apa tujuan Anda? Memiliki tujuan yang jelas, tidak hanya akan membantu Anda memilih jenis jaringan yang tepat, tetapi juga memastikan orang-orang yang Anda temui memahami apa yang ingin Anda dapatkan dari bergaul dengan mereka,” jelas Wang.

Memperluas jaringan yang tepat untuk tujuan yang tepat

Salah satu jaringan yang paling umum adalah jaringan khusus industri, yang dapat membantu Anda mendapatkan profil industri, serta bisa membantu Anda tetap berada di puncak tren.

Anda juga dapat bergabung dengan jaringan industri yang diikuti oleh pelanggan Anda, yang dapat menjadi sumber prospek baru bagi bisnis.

"Dan jangan lupakan jejaring sosial. Menjadi seorang pelaku usaha bisa membuat Anda kesepian. Jejaring sosial bisa menghubungkan Anda dengan orang-orang yang berpikiran sama yang memahami tantangan unik yang Anda hadapi,” kata Wang.

“Mereka dapat berbagi praktik terbaik, menawarkan dukungan pemecahan masalah, dan membantu memastikan Anda menjaga diri sendiri dan juga bisnis Anda," lanjutnya.

Bagi pelaku usaha yang ingin memperluas jaringan bisnis, Wang membagikan beberapa langkah berikut:

1. Pilih prioritas

Sebagai pelaku usaha, waktu Anda sangat terbatas, Anda tidak bisa menghabiskan seluruh waktu untuk membangun jaringan bisnis.

Oleh karena itu, fokuslah pada beberapa acara utama yang bersifat tatap muka dan pilih platform online yang sesuai dengan tujuan Anda.

Pisahkan jaringan bisnis dan pribadi. Jika Anda ingin membangun jaringan bisnis di platform media sosial, Anda bisa membuat dua akun berbeda.

Baca juga: 300 Pelaku UMKM Ikut Perluasan Jejaring Bisnis ke Negeri Jiran

2. Gunakan waktu secara efektif

Salah satu cara untuk memperluas jaringan adalah dengan menghadiri konferensi. Banyak pelaku usaha yang membuat janji temu terlebih dahulu dengan satu sama lain, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan waktu saat pertemuan.

Anda bisa lebih dulu meninjau profil peserta lain untuk menemukan siapa yang mungkin cocok menjadi rekanan baru bisnis Anda. Hubungi kontak mereka untuk membuat janji temu saat menghadiri konferensi.

"Datanglah ke pertemuan-pertemuan tersebut dengan membawa pertanyaan penting. Habiskan lebih banyak waktu untuk mengajukan pertanyaan, daripada berbicara tentang diri Anda sendiri," kata Wang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com