Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Kompas.com - 18/02/2024, 17:07 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber BDC

KOMPAS.com - Bagi bisnis baru atau usaha kecil, sangat penting mendapatkan akses untuk pembiayaan awal. Sayangnya, mendapatkan pinjaman tak selalu mudah.

Catherine Leteinturier-Guissé, Manajer Pusat Bisnis BDC mengungkap, biasanya yang ingin dilihat pihak bank sebelum memberikan pinjaman adalah pengalaman pelaku usaha dan seberapa siapa pelaku usaha menghadapi bisnisnya.

Oleh karena itu, cobalah meluangkan waktu mempersiapkan profil untuk aplikasi pinjaman bisnis Anda. Pemberi pinjaman komersial biasanya akan melihat empat faktor berikut dari bisnis Anda.

Baca juga: Punya Usaha dan Perlu Modal? Ini 4 Lembaga Pemberi Pinjaman untuk UMKM

1. Profil profesional

Bank perlu memahami proyek bisnis Anda dan mengetahui bahwa Anda memiliki risiko yang baik. Anda perlu membangun kredibilitas dan menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset dan mengujinya. Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda telah meneliti proyek bisnis Anda secara menyeluruh.

Selain itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk memberikan jawaban pada beberapa pertanyaan, seperti Apakah pengalaman kerja Anda terkait dengan bisnis baru Anda? Bagaimana Anda mendapatkan ide dan apa pengalaman bisnis Anda?

2. Rencana bisnis

Membuat rencana bisnis yang konkret di awal membangun bisnis bukan hanya sebagai penunjuk arah, tapi juga menjadi bekal untuk meyakinkan pihak pemberi pinjaman.

Nantinya mereka akan melihat, apakah pinjaman yang Anda ajukan sesuai dengan rencana strategis perusahaan Anda secara keseluruhan?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab, tentang rencana bisnis Anda.

- Di mana Anda akan menemukan klien Anda?

- Bagaimana Anda memilih lokasi bisnis?

- Di mana Anda akan menemukan pemasok?

- Berapa banyak pelanggan yang Anda harapkan dalam sehari?

Baca juga: Usaha Anda Butuh Pinjaman? Simak 6 Keuntungan Jadi Anggota Koperasi

3. Kekuatan finansial

Pemberi pinjaman komersial umumnya, akan meminta rincian proyeksi keuangan Anda setidaknya untuk tahun pertama hingga dua tahun operasi bisnis Anda.

Selain itu, pastikan Anda memiliki skor kredit yang baik di bank. Skor kredit pribadi Anda sangat penting, karena sering kali ini adalah satu-satunya faktor utama yang dapat dinilai oleh bank untuk bisnis baru.

Skor kredit yang buruk merupakan tanda bahaya bagi bank dan dapat mempersulit Anda untuk mendapatkan pinjaman bisnis.

4. Kekayaan pribadi

Untuk bisnis baru, bank biasanya akan meminta Anda menandatangani jaminan pribadi, yang mengharuskan Anda bertanggung jawab atas pinjaman tersebut.

Bank juga akan melihat berapa banyak uang yang dapat Anda investasikan.

Dalam hal ini, besarnya kekayaan bersih pribadi Anda sangat penting, karena bank perlu melihat bahwa jika selama enam bulan pertama, Anda sebagai pelaku usaha belum dapat menerima gaji, maka Anda tetap mampu memenuhi kebutuhan pribadi, seperti membayar cicilan rumah – tanpa harus mengambil uang dari bisnis Anda.

Itulah empat hal yang umumnya menjadi pertimbangan pemberi modal komersial, termasuk bank untuk memberikan pinjaman modal usaha.

Baca juga: 7 Langkah Pengajuan Pinjaman Usaha

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com