Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Anggaran Penting yang Sering Diabaikan Pelaku Usaha

Kompas.com - 22/02/2024, 13:03 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com – Umumnya rencana anggaran bisnis lebih difokuskan untuk biaya produksi dan gaji, sehingga seringkali pelaku usaha mengabaikan anggaran lain.

Padahal, ada anggaran lain yang sama pentingnya dalam menjalankan bisnis, bahkan dapat memberikan dampak besar terhadap pengembangan dan keberlangsungan bisnis Anda.

Yuk jangan diabaikan lagi, berikut ini anggaran penting yang perlu diperhitungkan oleh pelaku usaha.

Baca juga: Menyusun Anggaran untuk Pebisnis Pemula

1. Asuransi bisnis

Dalam bisnis ada banyak cara untuk menjatuhkan pesaing. Hal ini patut diwaspadai untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Anda dapat membuat anggaran asuransi bisnis yang meliputi tanggung jawab umum, tanggung jawab profesional, hingga asuransi properti usaha. Semua ini berguna untuk melindungi bisnis Anda terhadap kerusakan, kecelakaan, bahkan tuntutan.

Selain itu, asuransi bisnis dapat mencegah kerugian yang lebih besar, artinya mengurangi pengeluaran biaya tidak terduga di kemudian hari.

2. Riset industri bisnis

Tidak bisa dipungkiri, bahwa Anda membutuhkan pemahaman lebih banyak untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Dengan pemahaman tersebut bisnis dapat bertahan dan semakin berkembang.

Salah satu hal yang penting dilakukan adalah melakukan riset pasar, untuk mengetahui apa saja yang dicari konsumen, persaingan yang mungkin sedang terjadi, serta tren yang tengah hangat di masyarakat.

Riset ini dapat membantu Anda dalam memenuhi keperluan bisnis Anda di masa mendatang.

Penting bagi pelaku usaha menyiapkan anggaran khusus, agar riset pasar bisa dilakukan secara maksimal.

Baca juga: Anggaran Pengembangan UMKM Karawang Rp2 Miliar, Yang Minat Segera Ajukan!

3. Pengembangan profesional

Anggaran ini penting untuk membuat bisnis Anda semakin berkualitas. Perubahan zaman membuat budaya bisnis terus berubah-ubah pula setiap tahunnya.

Sumber daya bisnis yang profesional, dapat menjaga bisnis Anda terus mengikuti perkembangan teknologi. Dengan begitu bisnis Anda dapat bertahan dalam jangka panjang.

4. Biaya tidak terduga

Konsep sedia payung sebelum hujan juga berlaku dalam dunia bisnis. Anggaran biaya tidak terduga juga sangat penting untuk menyelamatkan bisnis di saat-saat genting.

Anggaran ini, membantu bisnis tetap terjaga dan menghindari pelaku usaha terlilit hutang saat kondisi mendesak yang membutuhkan dana besar. Anda dapat menyisihkan dana darurat setiap bulan meskipun sedikit.

Baca juga: 5 Strategi Membangun Networking Bisnis, Pelaku Usaha Harus Tahu

5. Acara networking

Membangun networking penting dilakukan oleh pelaku usaha. Mulailah menyiapkan anggaran untuk menghadiri acara networking di industri bisnis.

Anda mungkin berpikir, menghadiri acara networking atau minum kopi bersama pelaku usaha lain membuang waktu dan uang, namun faktanya acara networking memberikan banyak manfaat.

Di sana Anda akan bertemu dengan pelaku usaha lain. Gunakan kesempatan ini untuk membangun koneksi seluas-luasnya.

Menjalin hubungan yang baik dengan pelaku usaha lain, akan memudahkan Anda jika mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com