Menyusun Anggaran untuk Pebisnis Pemula

Kompas.com - 14/07/2022, 14:53 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Ibarat sebuah perjalanan yang membutuhkan tujuan dan peta perjalanan. Memasuki dunia usaha juga seperti sebuah perjalanan yang harus ditentukan ke mana tujuan yang hendak dicapai.

Salah satu panduan dalam hal keuangan untuk mencapai tujuan akhir keuangan yaitu mendapatkan keuntungan sebaiknya Anda membuat budgeting atau anggaran.

Budgeting atau anggaran adalah salah satu proses keuangan terpenting yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan usaha.

Baca juga: 5 Tips Memotret Produk Fashion, Pelaku UMKM Wajib Catat!

Apa itu budgeting? Budgeting atau anggaran merupakan perhitungan estimasi pendapatan yang diperoleh dan pengeluaran usaha yang dikeluarkan selama periode tertentu di masa depan dan biasanya disusun serta dievaluasi secara berkala.

Dengan budgeting, diharapkan semua proses dan rencana berjalan terkendali sesuai dengan rencana termasuk urusan biaya.

Karena Anda memiliki panduan dan tidak serta merta mengeluarkan biaya yang tidak sesuai dengan yang sudah direncanakan, dapat melacak pengeluaran termasuk juga dapat menghemat lebih banyak uang.

Hal ini tidak hanya dibutuhkan saaat akan memulai suatu bisnis, tapi juga selama bisnis berlangsung, biasanya saat memasuki periode akutansi baru.

Budgeting juga perlu di evaluasi setiap akhir periode untuk mengetahui efektivitas kinerja bisnis dan merencanaan anggaran bisnis dengan lebih baik di periode selanjutnya.

Sebagai pemilik bisnis tidak perlu menunggu hingga bisnis menjadi besar. Justru budgeting bisa menjadi senjata untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dengan lebih cepat. Karena anggaran dapat membantu Anda juga dalam merencanakan stretegi usaha baik jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang.

Selain itu budgeting dapat memudahkan Anda untuk memberikan gambaran usaha jika Anda ingin menggaet investor atau partner yang ingin membangun bisnis bersama Anda. Dengan gambaran anggaran yang transparan akan memudahkan mereka untuk memahami bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Ingin Konsumen Royal Membeli Produkmu? Pakai Trik Ini

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.