Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Tidak Salah, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Endorsement Artis

Kompas.com - 26/02/2024, 08:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Endorsement merupakan salah satu strategi digital marketing yang saat ini cukup banyak digunakan para pelaku bisnis. Ini merupakan kegiatan mempromosikan produk atau layanan jasa yang di-handle pihak ketiga.

Kegiatan ini kerap dilakukan para pelaku bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Sehingga produk yang mereka tawarkan bisa semakin dikenali oleh calon konsumen. Meskipun endorsement punya banyak kelebihan tapi bukan berarti tanpa kekurangan.

Agar tak salah menerapkan strategi marketing ini dalam bisnis, simak plus minus endorsement berikut ini yang dilansir dari Cermati.com:

Kelebihan Endorsement

Promosi produk dengan sistem endorsement memang memiliki impact yang luar biasa bagi bisnis. Namun demikian tak semua kegiatan endorsement bisa menghasilkan konversi sesuai rencana. Untuk itu, memahami kekurangan dan kelebihan atau manfaat strategi pemasaran ini akan membantu Anda memilih jenis endorsement yang tepat untuk bisnis.

Berikut ini beberapa kelebihan dari kegiatan endorsement, antara lain:

1. Membuat Kesadaran Merek Meningkat

Manfaat yang paling utama dari kegiatan endorsement bagi sebuah bisnis adalah membangun kesadaran merek atau brand awareness. Dengan endorsement, produk yang ditawarkan bisa semakin dikenal, dilihat, dan dicari oleh banyak orang.

Ketika produk yang ditawarkan sudah mendapatkan awareness, maka semakin banyak pula yang akan tertarik melakukan pembelian. Ini artinya kegiatan endorsement berhasil, dan Anda bisa lanjut menjalankan strategi pemasaran berikutnya.

2. Mendongkrak Kredibilitas Sebuah Brand

Selanjutnya, manfaat dari kegiatan endorsement adalah membuat kredibilitas brand meningkat. Hal ini terjadi karena public figure yang dipilih untuk kegiatan endorsement tersebut mampu meningkatkan kepercayaan audiens.

Apalagi jika public figure tersebut memiliki track record yang bagus dan memang terpercaya. Sehingga, apa yang disampaikan terkait produk endorsement tersebut akan diterima dengan baik oleh audiens.

3. Membuat Brand Semakin Menonjol

Selain membantu awareness dan kredibilitas brand meningkat, endorsement juga mampu membuat produk lebih menonjol dibanding kompetitor yang lain. Hal ini tak lain karena pengaruh endorsement yang dilakukan pihak ketiga sebelumnya.

Dalam endorsement, umumnya public figure akan mengiklankan produk dengan membuat perbandingan dengan produk kompetitor. Hal ini membuat calon konsumen jadi lebih paham dan bisa mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki produk tersebut. Sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Mampu Menjangkau Audiens yang Jauh Lebih Luas

Dengan endorsement, bisa membantu bisnis menjangkau market yang jauh lebih luas. Terutama followers dari public figure yang dipilih untuk kegiatan endorsement merek tersebut.

Oleh karena itu, memilih tokoh publik yang sesuai niche bisnis dan memiliki jumlah followers yang banyak sangat penting.

5. Jadi Alternatif Promosi Produk yang Efektif dan Hemat Biaya

Biaya endorsement memang tidak murah, apalagi jika tokoh publik atau influencer yang dipilih memang sudah punya nama besar dan banyak followers di media sosial. Namun, endorsement juga bisa melibatkan sosok yang masih baru merintis karir sebagai influencer.

Biasanya tarif yang diberikan cukup terjangkau, sehingga bisa jadi alternatif promosi yang lebih hemat budget.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com