Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Hindari Teknologi agar UMKM Anda Sukses

Kompas.com - 29/02/2024, 11:19 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era digital ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik dalam aspek pribadi maupun profesional. Agar tak tersisih, kita harus mengadopsi teknologi tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, masih banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang masih menerapkan cara tradisional atau manual. Mereka masih ragu untuk mengadopsi teknologi dalam operasi bisnis mereka.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Usaha

Mereka cenderung menolak atau menghindari perubahan karena alasan-alasan seperti ketidakmampuan teknis, biaya yang tinggi, atau ketakutan akan risiko.

Namun, dengan bisa menerima dan mengintegrasikan teknologi, UMKM dapat meraih kesuksesan yang lebih besar.

Dilansir dari laman Entrepreneur, berikut adalah beberapa alasan UMKM tidak boleh menghindari teknologi agar menjadi bisnis yang sukses:

1. Reputasi Online dan E-commerce

Tak mungkin semua calon pembeli atau pembeli mengetahui usaha Anda hanya dari toko fisik Anda. Mereka kebanyakan menemukan usaha Anda secara Online, baik melalui web, media sosial atau e-commerce.

Ketiga hal itu memanfaatkan teknologi. Untuk mencapai bisnis yang banyak dikenal orang dan terbilang sukses, maka Anda harus menggunakannya.

Baca juga: 7 Alasan Pentingnya E-Commerce untuk UMKM

2. Digital Marketing sangat Penting

Digital marketing tidak hanya tentang meningkatkan kesadaran merek, namun juga tentang menciptakan kampanye yang spesifik untuk audiens. Semakin penting iklan digital dalam menjangkau konsumen.

Iklan digital itu menggunakan teknolgi. Untuk pemasaran yang efektif memang digitalisasi sangat berpengaruh, karena itu juga sebuah edukasi ke pihak-pihak luar.

3. Kepercayaan melalui Cyber Security

Kejahatan atau scam dalam perdagangan online kerap terjadi. Dapat terjadi penipuan ataupun kebocoran data pengguna, misal dalam web atau aplikasi.

Selain tindakan pengamanan konvensional, perusahaan harus mengkomunikasikan komitmen keamanan cyber (cybersecurity) melalui kebijakan transparan dan pembaruan keamanan.

Kepercayaan adalah kunci keamanan cyber di luar teknologi. Pahami bahwa satu pelanggaran keamanan bisa merusak kepercayaan.

4. Mengikuti Perkembangan Industri

Industri di seluruh dunia terus berkembang dan berubah dengan cepat, didorong oleh inovasi teknologi. UMKM yang tidak mengadopsi teknologi berisiko tertinggal dan ketinggalan zaman.

Dengan tetap terhubung dengan perkembangan teknologi terbaru, UMKM dapat tetap relevan dan bersaing di pasar yang berubah-ubah. Dengan teknologi pula kita akan mengetahui perkembangan tersebut.

Pastikan Anda memanfaatkan teknologi untuk kesuksesan UMKM Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com