Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Gandeng LindkedIn Jalin Kemitraan Pembelajaran Strategis

Kompas.com - 05/03/2024, 05:42 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjalin kemitraan dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan LinkedIn selaku jaringan profesional terbesar di dunia.

Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi di Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, kerja sama ini memberikan peluang belajar kepada para karyawan BUMN dengan lebih dari 1 juta personel untuk berkembang secara profesional.

"Upaya bersama ini membutuhkan dukungan dan sinergi di dalam BUMN serta kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan. Kerjasama ini menandai loncatan yang benar-benar signifikan, dengan LinkedIn berperan sebagai katalisator transformatif, mempromosikan kesetaraan dalam peluang belajar di berbagai entitas BUMN, baik besar maupun kecil," kata Tedy dalam keterangan resmi, Senin (4/3/2024).

Baca juga: BUMN Bantu Promosi dan Penjualan Produk UMKM Lewat Vending Machine

Tujuan dari kemitraan ini adalah memberikan keterampilan dan wawasan kepada karyawan BUMN agar mampu mengembangkan potensi diri di tengah era digital.

Nantinya mereka akan mendapatkan akses ke platform skill-building pintar berbasis kecerdasan buatan (AI) dari LinkedIn dengan lebih dari 21.000 kursus.

“Melalui kolaborasi strategis dengan LinkedIn ini, kami berharap dapat menjadi motor penggerak dalam meningkatkan keterampilan dan memperoleh pengetahuan baru melalui program pembelajaran yang menganut standar global di lingkungan BUMN.” Ujar Alexandra Askandar selaku Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia.

Para pelajar dapat mendalami keterampilan sesuai dengan minatnya melalui perpustakaan LinkedIn Learning yang menyuguhkan 60 kursus baru setiap minggunya. Selain itu LinkedIn juga memberikan FHCI wawasan tentang bakat, keterampilan, dan tren pembelajaran di Indonesia.

APAC Managing Director LinkedIn, Feon Ang mengatakan saat ini bisnis dan profesional perlu beradaptasi dengan keterampilan. Melihat hal ini, LinkedIn bersedia membantu memberdayakan angkatan kerja di Indonesia dalam merekrut dan mempertahankan talenta.

Baca juga: Produk UMKM Rumah BUMN Pertamina Berhasil Tembus Pasar Department Store!

“Setiap menit, LinkedIn membantu 7 orang di seluruh dunia mendapatkan pekerjaan dan 140 jam konten pembelajaran dikonsumsi. Berdasarkan hal ini, kami juga meningkatkan solusi perekrutan dan pembelajaran kami untuk membantu perusahaan merekrut dan mempertahankan talenta terbaik," papar Feon.

Berdasarkan data LinkedIn, sejak tahun 2015 rata-rata 21 persen keterampilan baru dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu di Indonesia.

Bahkan angka tersebut diperkirakan naik hingga 68 persen pada tahun 2030 mengingat cepatnya perkembangan transformasi secara global.

Oleh karena itu melalui kemitraan ini diharapkan mengakselerasi SDM melalui pembelajaran berkelanjutan yang mengasah keterampilan.

Harapannya setelah mengikuti pembelajaran strategis ini para karyawan dapat membawa perubahan positif untuk perusahaan BUMN.

"Kami berkomitmen untuk menjadi mitra FHCI dan Kementerian BUMN dalam mendukung Indonesia dan bisnisnya untuk mengatasi kesenjangan keterampilan dan tantangan tenaga kerja. Tujuan dari komitmen kami adalah memberdayakan setiap bisnis dan talenta di Indonesia dengan tools yang tepat, dan menjadi mitra dalam ketahanan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di negara ini,” kata Feon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com