Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paper.id Kolaborasi dengan Accurate Indonesia Tingkatkan Otomatisasi Proses Bisnis UMKM

Kompas.com - 06/03/2024, 18:05 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aplikasi penagihan dan pembayaran antar bisnis, Paper.id bersama penyedia software akutansi, Accurate Indonesia berkolaborasi untuk mempermudah pelaku usaha dalam mengotomatisasi proses bisnis.

Kolaborasi antara Paper.id dan Accurate Indonesia yakni mengintegrasikan proses penagihan pembayaran, hingga pembukuan tanpa perlu beralih antar platform.

CEO dan Co-founder Paper.id, Yosia Sugialam menyatakan kolaborasi Paper.id dan Accurate Indonesia dapat memberikan solusi yang lengkap untuk para pelaku bisnis di Indonesia cukup menggunakan satu platform.

Pelaku usaha bisa melakukan pembukuan, pencatatan, penagihan, pembayaran, dan proses transaksi lain dengan otomatis dan akurat lewat kolaborasi antara Paper.id dan Accurate Indonesia.

Baca juga: Peneliti Sebut Pemerintah Perlu Mendorong Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Digital

“Dengan solusi yang terintegrasi itu akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya, sehingga pelaku usaha bisa lebih fokus untuk strategi pendorong pertumbuhan bisnis,” ungkap Yosia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Fitur-fitur dalam Paper.id nantinya akan dilengkapi dengan fitur dari Accurate Indonesia yang mengurusi akuntansi dan proses bisnis secara keseluruhan.

Adapun fitur Accurate Indonesia yang diintegrasikan ke Paper.id mulai dari pembukuan otomatis, pengelolaan stok, perhitungan pajak hanya dalam hitungan detik.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Accurate Indonesia, Yosep Stephen percaya kolaborasi antara Paper.id dan Accurate Indonesia bisa mempermudah UMKM di Indonesia dalam melakukan digitalisasi bisnis secara end-to-end.

Pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur-fitur yang dimiliki oleh Paper.id dan Accurate Indonesia dalam digitalisasi pencatatan keuangan dan transaksi bisnis.

Adanya fitur multi cabang juga dapat membantu pebisnis mengelola dan melihat laporan keungan seluruh cabangnya kapan pun mereka butuhkan. Dengan biaya bulanan dan tidak perlunya untuk merekrut akuntan, pebisnis dapat mengakses layanan yang disediakan dari kedua fitur unggulan dari Paper.id dan Accurate Indonesia.

“Kolaborasi ini membantu pebisnis Indonesia untuk berkembang dengan mudah dan cepat melalui teknologi. Kami percaya kolaborasi ini akan mendukung percepatan digitalisasi bisnis dan mengakibatkan pertumbungan bisnis di Indonesia,” ungkap Yosep.

Sektor UMKM diketahui menyumbangkan lebih dari 60 persen dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap lebih dari 70 persen tenaga kerja.

Nyatanya, pelaku UMKM masih sulit mengelola laporan keuangannya. Dari survei Bank Indonesia tahun 2020, sekitar 50 persen UMKM mengalami kesulitan dalam pengelola keuangannya, yaitu akuntansi dan manajemen kas usahanya.

Lebih dari 80 persen UMKM pun masih melakukan pencatatan bisnis secara manual, seperti memakai Microsoft Excel, buku tulis, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Jenis Bisnis Digital yang Bisa Anda Coba

Padahal, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) menargetkan 30 juta UMKM untuk masuk dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com