Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Melanjutkan Bisnis Turun Temurun Milik Keluarga

Kompas.com - 12/03/2024, 09:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bisnis yang diwariskan secara turun-temurun oleh keluarga seringkali kita temukan. Biasanya melanjutkan bisnis keluarga bertujuan untuk menjaga kualitas, resep, bahkan ciri khas dari bisnis tersebut.

Tidak sembarang orang dipercayai untuk mengurus bisnis keluarga. Oleh karena itu beberapa perusahaan lebih memilih menyerahkan bisnisnya untuk diurus oleh garis keturunannya sendiri.

Generasi terbaru yang melanjutkan bisnis keluarga umumnya tidak perlu merintis usaha dari dasar. Kebanyakan dari mereka bertugas untuk meneruskan dan mengembangkan bisnis agar lebih besar lagi.

Tidak jarang pula bisnis keluarga sudah memiliki nama merek yang terkenal di kalangan masyarakat.

Hal tersebut adalah salah satu privilege dari melanjutkan bisnis keluarga. Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain yang bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan bisnis keluarga, seperti yang dilansir dari entrepreneur.com.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Keluarga

1. Melestarikan Warisan Keluarga

Bisnis juga termasuk ke dalam warisan yang bisa diturunkan di keluarga. Khususnya dalam bisnis terdapat nilai-nilai, visi dan misi keluarga yang perlu dilestarikan oleh penerus.

Itulah mengapa dengan melanjutkan bisnis keluarga maka para generasi berikutnya dapat dipastikan memahami apa saja nilai dasar dalam berbisnis.

Jika bisnis dilanjutkan oleh orang luar yang bukan dari anggota keluarga, khawatirnya akan ada perubahan nilai terhadap bisnis tersebut.

2. Memudahkan Transisi Bisnis

Saat bisnis akan berpindah tangan ke pemilik baru, melewati masa transisi adalah hal yang wajar. Akan lebih baik jika bisnis mampu beradaptasi dengan masa transisi.

Salah satu keuntungan saat meneruskan bisnis keluarga adalah mengenal gaya kerja dalam menjalankan bisnis. Hal ini tentu akan mempermudah masa transisi.

Karena anggota keluarga yang sudah terbiasa, tidak perlu memakan banyak waktu untuk proses belajar memahami karakteristik dan operasional bisnis.

Selain itu, jika memang mengalami kendala saat bisnis sedang melewati masa transisi, pemilik baru dapat lebih mudah belajar dari pengalaman pengurus sebelumnya.

Dengan demikian melanjutkan bisnis keluarga juga mengurangi risiko bisnis gagal saat masa transisi.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Mulai Bisnis Keluarga

3. Lebih Fleksibel

Salah satu keuntungan melanjutkan bisnis keluarga adalah lebih leluasa menggali informasi seputar bisnis tersebut.

Kedekatan sebagai keluarga tentunya memberikan peluang lebih besar untuk bertanya dan meminta bantuan jika mengalami kondisi mendesak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com