Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menumbuhkan Loyalitas Merek dengan Pendekatan Customer Centric

Kompas.com - 12/03/2024, 13:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kita semua pernah menjadi pelanggan, dan mungkin banyak dari kita yang pernah memiliki pengalaman layanan yang buruk.

Pengalaman layanan yang negatif akan sangat memengaruhi pengalaman berbelanja konsumen, terhadap bisnis atau merek tertentu. Bahkan, perasaan negatif tersebut mungkin sulit dilupakan.

Itu sebabnya, setiap bisnis harus memiliki strategi yang kuat dalam mengutamakan pelayanan terhadap pelanggan dan budaya yang berpusat pada pelanggan (customer-centric).

Baca juga: 7 Cara Mudah Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

 

Tanpa kepuasan pelanggan, tidak ada bisnis yang bisa bertahan, apalagi sukses.

Namun, bisnis yang memprioritaskan kebutuhan, keinginan, dan kepuasan pelanggan, dapat mengharapkan loyalitas, ulasan, dan feedback yang lebih baik secara keseluruhan.

Melansir Entrepreneur, menurut penelitian, 73 persen konsumen mengatakan pengalaman pelanggan yang baik adalah kunci untuk memengaruhi loyalitas merek (brand loyalty).

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Membangun Merek Bisnis

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan loyalitas merek usaha Anda dengan pendekatan customer-centric.

1. Mempercepat budaya customer-centric

Menciptakan budaya yang berpusat pada pelanggan, tidak akan terjadi dalam semalam. Maka, kesabaran seorang pelaku usaha maupun karyawannya merupakan hal yang penting.

Membangun dan memupuk suatu budaya dalam bisnis membutuhkan proses yang panjang, karena biasanya pemilik usaha mempunyai banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, branding harus sesuai dengan targetnya, pesan brand harus tepat sasaran, dan semuanya harus selaras dengan nilai-nilai bisnis.

Oleh karena itu, pertama kali sejak bisnis berkembang, pelaku usaha harus langsung memprioritaskan layanan pelanggan.

Jika layanan pelanggan sudah tertanam sejak awal, hal ini pada akhirnya akan menjadi budaya bisnis Anda yang harus dipertahankan.

2. Komitmen dari Pemilik Usaha

Pemilik usaha merupakan leader atau kepala suatu bisnis. Sebagai pemimpin, mereka harus berkomitmen sejak awal.

Dalam hal ini, pemimpin harus memberikan contoh yang baik dengan mengutamakan pelayanan pelanggan, dengan mewujudkan nilai-nilai customer-centricity dalam tindakan dan keputusannya.

Komitmen yang dimaksud adalah komitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, yang tertanam dalam seluruh aspek kepemimpinannya.

Selain itu, visi pemilik usaha mengenai layanan pelanggan perlu dikomunikasikan dengan baik. Semua karyawan harus menyadari, bagaimana bisnis memprioritaskan pelanggannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com