Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Harga Produk Tidak Boleh Terlalu Rendah

Kompas.com - 20/03/2024, 09:03 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat Anda menjual produk atau layanan, sangat penting untuk memperhatikan harga jualnya.

Sebagai pelaku usaha, Anda mungkin ingin menetapkan harga yang baik bagi pelanggan, tapi bukan berarti menetapkan harga semurah mungkin.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, seringkali terjadi kecenderungan untuk menurunkan harga produk, demi menarik perhatian calon pembeli.

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Strategi Penentuan Harga bagi UMKM

Padahal, persepsi calon pembeli itu sangat memainkan peran penting bagi produk maupun usaha Anda. Penetapan dan penurunan harga justru memiliki konsekuensi yang merugikan.

Berikut beberapa alasan mengapa harga produk usaha tidak boleh terlalu rendah:

1. Menurunkan Persepsi Pelanggan

Melansir Business News Daily, suatu harga yang ditawarkan dapat memengaruhi persepsi pelanggan. Maka dari itu, harga memainkan peran penting bagi usaha Anda untuk dilihat oleh calon pelanggan.

Jika konsumen menemukan produk atau jasa dengan harga rendah, mereka mungkin dapat menganggapnya sebagai penawaran bagus, tetapi mungkin juga untuk menganggap produk itu berkualitas rendah.

 

Cara orang berpikir tentang harga dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu.

Anda tentu tahu ungkapan, 'Ada rupa ada harga'. Itulah mengapa konsumen akan merasa curiga atau skeptis terhadap produk yang dijual dengan harga yang terlalu murah. Mereka akan meragukan nilai dari produk tersebut.

Konsumen akan menduga, bahwa produk Anda tidak berkualitas atau tidak memiliki fitur yang cukup jika harganya terlalu murah.

Persepsi yang buruk akan mengantarkan mereka berpikir buruk juga tentang usaha Anda.

2. Merusak Harga Pasar

Jika Anda pergi ke beberapa bisnis kopi lokal, Anda akan menemukan harga jual yang cenderung sama. Jika ada perbedaan pun, tidak akan terasa jauh.

Hal itu yang dilakukan oleh para pelaku usaha, agar tak merusah harga pasar, karena penetapan harga yang terlalu rendah dapat merusak pasar.

Baca juga: 5 Pertimbangan dalam Menentukan Harga Jual Produk UMKM

Jika Anda masuk ke dalam pasar tersebut dan menetapkan harga yang rendah, konsumen memang cenderung akan membeli dari usaha Anda. Namun, kompetitor Anda akan terus ikut bersaing dengan cara menyamakan dengan harga usaha Anda.

Hal ini akan merusak harga pasaran yang sebenarnya. Bahkan, dapat menghilangkan pesaing yang lebih kecil atau tidak mampu bersaing dengan harga yang Anda ciptakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com