Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Pentingnya Strategi Penentuan Harga bagi UMKM

Kompas.com - 14/03/2024, 20:18 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah persaingan yang semakin ketat, penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan. 

Strategi penentuan harga ini, akan menetapkan standar produk atau layanan Anda di pasar, yang nantinya akan berdampak pada keuntungan dan keunggulan kompetitif Anda.

Langkah pertama, Anda harus meneliti pasar yang dituju sedalam mungkin dengan memperhatikan baik-baik persaingan dan permintaannya.

Baca juga: Tak Perlu Perang Harga, Ini 5 Strategi Menetapkan Harga Produk agar Tetap Laris

Penting bagi pelaku UMKM untuk menghindari persaingan pada harga terendah, karena mereka tidak mempunyai skala ekonomi yang diperlukan untuk menurunkan biaya.

Strategi penetapan harga untuk usaha kecil sebaiknya menetapkan harga berdasarkan nilai, biaya tambahan, dan nilai kompetitif.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menerapkan strategi penentuan harga sangat penting bagi UMKM;

1. Meningkatkan Keuntungan

Dengan menerapkan strategi harga yang tepat, UMKM dapat mengoptimalkan profitabilitas (keuntungan) usaha mereka.

Strategi harga yang baik akan memungkinkan mereka untuk menetapkan harga yang menguntungkan secara finansial bagi bisnis mereka, sambil tetap bersaing di pasar yang sudah ada.

Melalui penerapan strategi harga yang efektif, UMKM dapat memastikan bahwa harga yang ditetapkan untuk produk atau layanan telah mencakup semua biaya produksi, sehingga akan membantu keberlangsungan bisnis mereka dalam jangka waktu panjang.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Harga Produk? Perhatikan 3 Variabel Ini

2. Membedakan UMKM Anda dengan Kompetitor

Dalam lingkungan bisnis yang penuh dengan persaingan, harga dapat menjadi salah satu faktor yang membedakan dengan kompetitor.

Selain itu, dengan memiliki strategi harga yang efektif, UMKM dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan nilai tambah yang membedakan produk atau layanan mereka dari yang lain.

Menurut The Balance Money, pemilik usaha sering kali membuat kesalahan dengan menerapkan strategi harga menjadi harga terendah di pasar.

Namun, menetapkan harga terendah bukanlah strategi penetapan harga yang baik untuk UMKM, karena justru akan mengundang pelanggan untuk melihat produk atau layanan Anda sebagai komoditas, dan mengaburkan nilai penawaran Anda.

3. Meningkatkan Citra dan Perspektif Merek

Harga yang ditetapkan secara cerdas juga dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap merek UMKM tersebut.

Sementara harga yang terlalu rendah, kemungkinan membuat produk terlihat murahan atau kualitas rendah, sementara harga yang terlalu tinggi dapat membuatnya tidak terjangkau bagi sebagian konsumen.

Baca juga: 5 Cara Jitu Menentukan Harga Jual Bagi Pelaku UMKM

Dengan menerapkan strategi harga yang tepat, UMKM dapat membangun citra merek yang kuat dan dihargai oleh konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com