Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Keuntungan Menggunakan Software untuk Memantau Kinerja Karyawan

Kompas.com - 26/03/2024, 16:53 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam bisnis, pemilik usaha tentu ingin memastikan lingkungan kerjanya berjalan dengan baik dan teratur. Oleh sebab itu, mereka akan memantau kinerja para karyawannya. 

Namun masalahnya, pemilik usaha tak selalu bisa berada di sisi karyawan sepanjang waktu, sehingga mereka membutuhkan bantuan luar.

Jika pemilik usaha memiliki budget, maka bisa merekrut manajer. Lalu, bagaimana jika belum ada budget untuk merekrut manajer?

Tenang saja, kamu bisa menggunakan bantuan teknologi. Misalnya dengan bantuan software yang dapat melacak jam kerja yang ditempuh karyawan atau bisa juga dengan memantau aktivitas karyawan saat bekerja. 

Baca juga: 4 Cara Mengapresiasi Karyawan, Bos Wajib Tahu!

Bantuan teknologi ini juga akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi pemilik usaha. Nah, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan software untuk memantau kinerja karyawan. 

1. Melindungi Informasi Penting dalam Bisnis

Dengan menggunakan software, kamu dapat melihat data-data penting yang dikelola oleh karyawan. Nantinya, kamu dapat memantau apakah data-data tersebut telah diketahui pihak luar atau tidak.

Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pelaku usaha untuk melindungi informasi penting dalam bisnis. Jika ternyata nanti terdapat sesuatu yang mencurigakan dari data-data penting milikmu, kamu bisa mengatasinya dengan segera. 

Selain itu, penggunaan software juga bagian dari meningkatkan keamanan data milikmu seperti dokumen yang tersimpan, aplikasi yang digunakan, pesan-pesan terkirim, atau data-data klien.

Baca juga: 3 Cara Merekrut Karyawan Potensial untuk Bisnis Anda

2. Membuat Karyawan Lebih Disiplin

Keuntungan lain dari penggunaan software, yaitu kamu bisa membuat karyawan menjadi lebih disiplin.

Alasannya, aktivitas pekerjaan mereka bisa dipantau melalui software tersebut, seperti jumlah pekerjaan yang sudah dilakukan, serta jam masuk dan pulang kerja. 

Ketika kamu memantau karyawan dengan bantuan software, akan terlihat karyawan mana saja yang datang tepat waktu atau pulang lebih awal. Jika mereka terlambat, kamu bisa menegur mereka dengan menunjukkan bukti melalui software tersebut. 

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Karyawan Betah Bekerja, Pemilik Usaha Wajib Tahu!

3. Dapat Memantau Karyawan secara Fleksibel

Dengan bantuan software, kamu tidak perlu mengawasi karyawanmu secara langsung di kantor atau tempat kerja lainnya. Kamu bisa memantau dari mana saja, sehingga lebih fleksibel dan efisien waktu. 

Kamu bisa memantau kinerja karyawan secara remote, sembari melakukan hal-hal produktif lainnya. Jadi kamu tidak perlu mencurahkan semua waktumu hanya untuk memantau karyawan di tempat kerja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com