Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengapresiasi Karyawan, Bos Wajib Tahu!

Kompas.com - 25/03/2024, 20:15 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memberikan apresiasi kepada karyawan adalah hal yang penting. Banyak pelaku usaha yang mungkin mengabaikan pengapresiasian kepada karyawan. Padahal, apresiasi dapat mencegah mereka untuk berhenti bekerja.

Pemberian penghargaan dan pengakuan terhadap karyawan memiliki dampak yang jelas dan signifikan pada kenyamanan dan kebahagiaan karyawan saat bekerja. Jika kamu menghargai dan mengakui para karyawan, maka kamu juga mendukung bisnis yang sedang dijalankan.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Karyawan Betah Bekerja, Pemilik Usaha Wajib Tahu!

Karyawan yang tidak nyaman ataupun tidak senang bekerja, mungkin tidak cukup baik dalam mengerjakan pekerjaannya. Hal ini akan mengakibatkan banyaknya pergantian karyawan, yang mana merupakan dampak negatif untuk organisasi bisnis.

Pemberian apresiasi tidak harus menyangkut kenaikkan gaji atau pemberian bonus. Karyawan sering lebih termotivasi oleh atasan yang memberi tahu tim mereka bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

Dilansir dari Business News Daily, berikut beberapa cara untuk mengapresiasi karyawan:

1. Mendorong Anggota Tim Menunjukkan Penghargaan Satu Sama Lain

Mengapresiasi tidak hanya dilakukan oleh seorang bos, melainkan juga oleh sesama karyawan. Misal dalam sebuah tim, pertimbangkan untuk memberikan penghargaan kepada staf yang menurut mereka tampil lebih baik dari biasanya selama seminggu. Memberikan dan menerima apresiasi menciptakan atmosfer kerja sama, dan rasa hormat.

Ini mendorong anggota tim untuk bekerja bersama dengan tujuan dan visi bersama. Selain itu, anggota tim yang mungkin bukan penampil luar biasa dapat merasa dihargai atas upaya mereka yang meningkat.

Pengakuan ini akan mendorong tim untuk lebih berusaha dalam pekerjaan mereka dan berhubungan lebih baik dengan semua orang.

Baca juga: 5 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja, Pelaku Usaha Harus Tahu

2. Sistem Poin Karyawan

Memberlakukan sistem poin memang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Hal ini akan meningkatkan kerja para karyawan.

Mendapatkan poin yang tinggi menunjukkan bahwa karyawan tersebut sangat baik dalam bekerja. Saat seorang karyawan menerima poin yang lebih besar dibanding yang lain, maka kamu berhak untuk memberikan penghargaan.

Karyawan dapat menukarkan poin untuk hadiah seperti hadiah, penghargaan tunai, waktu liburan, atau hari kerja dari rumah, dan lain sebagainya.

3. Menyediakan Makanan dan Minuman Gratis

Karyawan sangat menyukai pemberian makanan dan minuman gratis. Perusahaan besar pasti menyediakan hal ini.

Bekerja 8 jam atau lebih merupakan hal yang sangat melelahkan. Jika kamu menyediakan kebutuhan makanan mereka, mereka akan merasa senang.

Banyaknya karyawan yang melakukan lembur juga akan senang jika disediakan camilan atau minuman seperti kopi. Hal ini akan meningkatkan produktivitas mereka.

Sesekali juga kamu dapat mengajak tim untuk makan bersama agar menciptakan bonding sesama anggota tim. Survei yang dilakukan telah menunjukkan bahwa hal ini adalah benar.

4. Mengetahui Ulang Tahun Karyawan

Pertimbangkan untuk mengetahui dan merayakan karyawan pada ulang tahun mereka. Misal kamu bisa melakukannya dengan mem-posting di media sosial.

Baca juga: Tips agar Kamu Betah Menjalankan Bisnis di Perantauan

Selain itu, berikan penghargaan kepada mereka pada ulang tahun kerja mereka di perusahaan. Adakan penghargaan untuk pencapaian dalam bertahun-tahun bekerja di perusahaan, seperti lima tahun, 10 tahun, dan 20 tahun. Hal ini akan membuat mereka betah bekerja di perusahaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com