Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Pelanggan Setia dari Malaysia, Ini Cara Nevia Mempertahankannya

Kompas.com - 01/04/2024, 15:16 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yulis Manevia, biasa dipanggil Nevia, merupakan seorang entrepreneur sukses di bidang fesyen muslim, telah berhasil membangun basis pelanggan yang loyal dalam bisnisnya. Bisnisnya itu ia namakan Bening Jaya.

Nevia mempunyai banyak pelanggan setia yang selalu membeli baju di Bening Jaya. Bahkan pelanggan setia Nevia ada yang berasal dari luar negeri yaitu Malaysia.

Dengan pengalamannya, Nevia berbagi beberapa strategi yang efektif untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dalam bisnis fesyen muslim.

Baca juga: Cerita Nevia Merintis Bisnis Fesyen Muslim, Omzet Naik 75 Persen Saat Ramadan

Berikut adalah cara-cara ala Nevia untuk mempertahankan loyal customer:

1. Pelayanan yang Terbaik

Pelayanan pelanggan yang ramah, responsif, dan profesional adalah hal yang sangat penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Saat memperlakukan pelanggan yang datang ke toko ataupun bertanya lewat online, akan dilayanin dengan sebaik mungkin.

Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai dan diterima dengan baik, sehingga mereka lebih cenderung untuk tetap setia. Mereka tanpa berpikir panjang akan selalu kembali ke Anda.

2. Menerima Keluhan, Kritik, dan Saran

Menerima feedback adalah kunci bagi keberlanjutan bisnis Anda. Feedback berupa keluhan, kritik, dan saran merupakan cara Anda untuk memperbaikki bisnis Anda dan mempertahankan customer Anda.

Dengan kekurangan yang dirasakan oleh para pelanggan dan Anda mencoba untuk membenarkannya, maka Anda dapat menjadi bisnis yang lebih baik. Pelanggan Anda pun akan senang jika suaranya didengar oleh Anda, sehingga ia memutuskan akan kembali lagi ke toko Anda.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Fesyen Muslim di Bulan Ramadan, Bakal Laris Manis

3. Selalu Menanyakan Mengenai Produk ke Customer

Setelah membeli dan menggunakan produk-produk dari Bening Jaya, Nevia akan selalu menanyakan pendapat dari para pelanggannya. Pelanggan akan suka jika ditanya seperti itu.

Hal ini akan membuat kesan keterbukaan dalam komunikasi Anda bersama pelanggan Anda. Kedekatan tersebut akan membuat pelanggan Anda nyaman berbelanja di bisnis Anda.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com