Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Bisnis Oleh-oleh di Lokasi Objek Wisata

Kompas.com - 09/04/2024, 14:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tinggal di dekat lokasi objek wisata bisa memberikan berkah tersendiri. Selain bisa healing tiap hari, ada banyak ide bisnis menjanjikan yang bisa dilakukan. Salah satu yang cukup berpeluang adalah bisnis toko oleh-oleh.

Apalagi jika tempat wisata tersebut memiliki produk khas dan unik yang cocok dijadikan buah tangan atau oleh-oleh pengunjung yang datang. Hal ini tentunya akan semakin membuat peluang bisnis ini menjadi lebih besar di masa mendatang.

Tertarik untuk mencoba bisnis jualan oleh-oleh, tapi masih bingung untuk memulainya? Berikut ini ada beberapa strategi ampuh yang bisa diterapkan dilansir dari Cermati.com, antara lain:

1. Menentukan Target Pasar yang Akan Dibidik dengan Cermat

Strategi paling penting dan harus diperhatikan dalam memulai bisnis oleh-oleh adalah target pasar. Anda harus tahu siapa saja yang bisa jadi target jualan potensial di bisnis tersebut.

Pelajari hal-hal yang berhubungan dengan audiens tertarget, termasuk produk apa saja yang disukai, range budget-nya, hingga teknik pemasarannya.

Dengan beberapa informasi yang sudah didapatkan tersebut, menentukan target pasar secara spesifik akan menjadi lebih mudah. Untuk itu, lakukan riset dengan detail agar memudahkan dalam menentukan target yang sesuai.

2. Temukan Lokasi yang Strategis

Dalam menjalankan bisnis jualan oleh-oleh, lokasi menjadi faktor cukup penting yang menentukan keberhasilan. Kurang tepat dalam memilih lokasi jualan, bisa menyebabkan usaha yang baru dimulai gulung tikar.

Hal ini karena lokasi yang strategis membuat bisnis menjadi lebih mudah di-notice dan dijangkau calon konsumen, misalnya di pinggir jalan utama. Sehingga potensi calon pembeli yang datang jadi lebih banyak dibanding lokasi usahanya tersembunyi.

Untuk itulah, maka pastikan usaha oleh-oleh yang akan dikembangkan memiliki lokasi yang tepat. Tak hanya strategis tapi juga mudah dijangkau dan dilihat target market yang dibidik.

3. Menyiapkan Teknik Pemasaran dengan Tepat

Pemasaran menjadi salah satu dari sekian faktor yang penting untuk mendukung keberhasilan bisnis oleh-oleh. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan teknik-teknik pemasaran dengan tepat.

Mulai dari memaksimalkan penggunaan media sosial, iklan di media cetak, memberikan penawaran menarik hingga ikut serta berbagai jenis event. Teknik pemasaran yang dilakukan dengan tepat bisa mendorong tingkat penjualan semakin tinggi.

Namun, pastikan untuk memilih teknik yang benar-benar sesuai dengan bisnis oleh-oleh tersebut.

Baca juga: Tips Bisnis Wisata Open Trip

4. Perhatikan Kualitas Produk Oleh-Oleh yang Ditawarkan

Setiap wisatawan tentunya berharap bisa membawa pulang oleh-oleh khas terbaik dari tempat wisata yang dikunjungi untuk keluarga di rumah. Oleh sebab itu, pastikan kualitas dari produk oleh-oleh yang dijual, mulai dari rasa, orisinalitas hingga kemasannya.

Apalagi jika produk oleh-oleh yang dijual berupa makanan atau minuman, maka tonjolkan kekhasan rasa dan tampilannya. Pasalnya, wisatawan bukan cuma fokus dengan rasa tapi juga packaging produk yang menarik.

Jangan lupa perhatikan layanan pelanggan yang diberikan. Karena umumnya wisatawan tak hanya fokus dengan produk tapi juga layanan, suasana dan pengalaman yang nyaman saat berbelanja di toko Anda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com