Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Azka Pebisnis Muda Bangun Kuku Riku House, Cafe Ala Film Ghibli

Kompas.com - 16/04/2024, 08:30 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Belakangan ini Gen Z senang berburu cafe hidden gem, yaitu tempat yang menarik tetapi belum diketahui banyak orang. Bogor termasuk kota yang banyak tempat hidden gem, terlebih lagi saat ini cafe sedang tren dan menjamur di Bogor.

Ternyata, di dalam Perumahan Ciomas Permai, Bogor ada satu cafe hidden gem dengan konsep yang unik. Yaitu Kuku Riku House, cafe di tengah perumahan dengan ambience tanaman hijau ala film Ghibli, animasi asal Jepang.

Gen Z Yang Memiliki Jiwa Berbisnis Dari Orang Tua

Siapa sangka, pemilik Kuku Riku House merupakan seorang Gen Z yang kini menjadi pebisnis muda. Owner Kuku Riku House, Azka Salsabila (25) memang memiliki background bisnis karena keluarganya juga berbisnis.

Pasalnya, kedua orang tua Azka pun seorang pengusaha. Mereka mempunyai bisnis Bukit Air Resto yang telah berdiri sejak belasan tahun silam. Itulah sebabnya sedari remaja, Azka terbiasa dengan industri bisnis Food and Beverage (FnB). 

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

Saat berkuliah di Bandung, dia juga mengambil jurusan bisnis. Namun, Kuku Riku ini bukanlah bisnis pertamanya. Azka juga memiliki bisnis Wedding Organizer.

"Kuku Riku ini bisnis baru, awalnya selain itu aku bisnis Wedding Organizer dan aku juga punya clothing brand. Di akhir pandemi, aku ingin coba bisnis cafe karena orang-orang sudah mulai nongkrong lagi," kata Azka saat diwawancarai Kompas.com, Senin (15/04/2024).

Tidak langsung membuka cafe, Azka mulai merintis Kuku Riku dari tenant yang supply makanan di cafe lain. Ternyata banyak peminatnya dan mereka suka dengan makanan Kuku Riku. Sehingga banyak yang ingin Kuku Riku memiliki tempat sendiri.

Akhirnya Azka membuka Kuku Riku House pada September 2023. Kuku Riku artinya 'kukuruyuk'. Jika di Indonesia penyebutannya 'kukuruyuk', di Jepang penyebutannya adalah 'kukuriku'.

Bersama Keluarga Menyulap Rumah Kosong Jadi Cafe

Kuku Riku HouseKompas.com - Anagatha Kilan Sashikirana Kuku Riku House

Sebagai Gen Z yang memiliki modal terbatas pada saat itu, Azka bersama keluarganya memanfaatkan bangunan kosong di samping rumah. Rumah yang sudah kosong selama 20 tahun tersebut banyak ditumbuhi tanaman liar.

Keluarga Azka khususnya sang nenek yang menyukai tanaman, berinisiatif untuk membersihkan rumah kosong itu. Dimulai dari merawat tanaman yang ada di dalamnya.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Mulai Bisnis Keluarga

"Keluargaku memang pecinta tanaman. Karena enggak enak kalau rumah kosong ini dibiarkan begitu saja, akhirnya nenekku sendiri yang membersihkan rumah ini dan lama kelamaan dijadikan green house," ujar Azka.

Azka terpikirkan membangun Kuku Riku House di sana. Dengan modal seadanya, Azka dibantu keluarga mulai gotong royong untuk menyulap rumah kosong tersebut menjadi sebuah cafe.

Tanpa mengandalkan arsitek, jasa dekorasi, dan material mahal nyatanya tidak menghambat renovasi tempat itu. Keluarga ini membagi tugas hingga akhrinya renovasi selesai dalam kurun waktu sekitar tiga bulan.

Ornamen DIY Kuku Riku HouseKompas.com - Anagatha Kilan Sashikirana Ornamen DIY Kuku Riku House

Azka mencari ide, konsep dan mengurus kebutuhan marketing melalui media sosial. Ayahnya membuat ornamen dan perabot keperluan cafe dibantu dengan adik Azka yang merupakan seorang pelukis untuk mengeksekusi ide dari Azka. Bundanya bertugas untuk mengurus operasional cafe. Sementara neneknya juga turut membantu dalam maintenance tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com