Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Bisnis Jasa, Tak Perlu Modal Besar tapi Cuannya Tinggi

Kompas.com - 16/05/2024, 20:30 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis tidak hanya seputar produk saja, tapi ada pula bisnis jasa. Bisnis ini juga berpotensi mendatangkan cuan, bahkan risiko kerugiannya juga rendah.

Singkatnya, bisnis jasa adalah bisnis yang memanfaatkan bakat, ilmu, kemahiran, hingga tenaga seseorang dalam bidang tertentu untuk memudahkan konsumen. Seseorang akan mendapat bayaran atas usaha atau layanan jasa yang ia berikan.

Bisnis jasa memang tidak menawarkan barang, tetapi peluang bisnis jasa ini akan terus menjanjikan. Sebab di era modern seperti saat ini, masyarakat tentu semakin membutuhkan jasa dari orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Ini juga berpengaruh dari kesibukan dan gaya hidup masyarakat belakangan ini yang lebih ingin hidup serba mudah dan instan.

Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Jasa Pijat Bayi, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Salah satu bisnis jasa yang sudah melekat di aktivitas sehari-hari masyarakat adalah jasa ojek online. Bahkan dari satu platform ojek online bisa dikembangkan menjadi beberapa bisnis jasa yang lain seperti jasa cleaning service dan jasa membelikan barang belanjaan.

Tertarik berbisnis jasa? Simak kelebihannya berikut ini seperti yang dilansir dari Gramedia.com.

1. Tak Perlu Modal Besar

Bisnis jasa memiliki banyak kelebihan yang tentunya menguntungkan para pelaku usaha jasa. Salah satunya tidak memerlukan modal usaha yang besar untuk memulai bisnis jasa.

Sebab modal utama yang dibutuhkan adalah kemampuan diri sendiri. Bisnis jasa bahkan bisa berjalan meskipun tanpa modal. Bisnis ini bergantung pada layanan jasa yang maksimal kepada para konsumen.

Karena tak membutuhkan modal yang besar, bisnis ini minim risiko kerugian. Sebab tidak ada pengeluaran terhadap biaya produksi. Bisnis jasa bisa memperkerjakan karyawan lain tetapi bisa pula dikerjakan seorang diri.

Jika memang bisnis yang dijalani terasa kurang menguntungkan dan harus berhenti, kamu bisa kembali memulainya sewaktu-waktu karena keterampilan yang kamu miliki bersifat permanen dan bisa dimanfaatkan kapan saja. Ini adalah modal utama yang terus melekat di diri kamu.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Desain Kemasan Makanan dan Minuman

2. Tak Perlu Produksi dan Distribusi

Terkadang pengeluaran keuangan terbesar dalam bisnis berasal dari bahan baku, produksi, dan distribusi. Namun, pelaku bisnis jasa tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Sebab bisnis jasa tidak memerlukan bahan baku hingga proses produksi barang. Bahkan tidak perlu pusing memikirkan distribusinya, cukup memikirkan transportasi pribadi jika memang jasa yang diberikan sistemnya home service.

Meskipun tidak membutuhkan produksi dan distribusi, ada beberapa bisnis jasa yang tetap membutuhkan alat atau mesin penunjang.

Misalnya bisnis jasa laundry, tetap membutuhkan mesin cuci dan mengeluarkan biaya listrik. Ataupun bisnis salon, tetap membutuhkan alat kecantikan untuk menunjang pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

3. Memanfaatkan Potensi Diri

Salah satu keuntungan dari bisnis jasa adalah bisa memanfaatkan potensi diri sendiri, bahkan bisa memaksimalkan dan meningkatkannya. Karena bisnis jasa banyak dicari karena tidak semua orang bisa melakukan suatu hal sendiri.

Misalnya, banyak orang yang menggunakan jasa seorang desain grafis untuk membuat logo, karena konsumen tidak memiliki keahlian di bidang tersebut dan membutuhkan skill orang lain. Dengan begitu, dari kemampuan diri sendiri bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Baca juga: 5 Tips Mudah Sukses Memulai Usaha Jasa Salon Hewan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com