Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Sukses Bisnis Jasa Pijat Bayi, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Kompas.com - 29/11/2023, 11:00 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Belakangan ini, banyak orangtua bayi yang merasa kesulitan mencari jasa pijat bayi atau baby massage. Kalaupun ada, biasanya harga yang ditawarkan relatif mahal.

Sebagai calon pengusaha, tentunya kita bisa manfaatkan momen ini dengan baik. Kita bisa membuka jasa baby massage atau pijat bayi. Hal ini dapat meringankan beban para orang tua yang kesulitan dalam mencari jasa pijat untuk anak kesayangan mereka.

Baca juga: Cloud Kitchen: Definisi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya

Lantas, apa saja tips yang harus diperhatikan ketika membuka jasa pijat bayi atau baby massage? Simak 5 tips berikut ini seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

1. Modal Awal

Setiap menjalankan usaha pasti memerlukan modal untuk memulainya. Bisnis jasa pijat bayi relatif memerlukan modal yang cukup kecil.

Modal yang kamu butuhkan hanya sebesar Rp 500.000. Modal tersebut akan kamu gunakan untuk membeli karpet bulu, bantal bayi, kain, waterproof wonder pad, rempah parem, minyak atau lotion.

Baca juga: Kisah Saroni, Seorang Disabilitas yang Merintis Usaha Makanan Bermodal Rp 20 Ribu

Kamu bisa memulai bisnis ini melalui rumah untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk sewa tempat atau kamu bisa menerima jasa panggilan apabila rumahmu tidak cukup luas.

2. Buat Tempat Yang Nyaman

Kamu sebisa mungkin dapat mengatur ruangan bayi senyaman mungkin dengan ruangan yang luas dan menggunakan interior bertema anak-anak, seperti walpaper kartun dan mainan anak. Hal ini akan memberi kesan tempat ramah pada anak.

Selain itu, kamu juga harus menyediakan ruang tunggu senyaman mungkin, seperti diberikan fasilitas tempat duduk, tv, akses internet, dan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja, Pelaku Usaha Harus Tahu

3.Pijat yang Lembut

Dalam melakukan usaha ini, tentunya kamu harus memiliki keahlian dan pengalaman dalam memijat bayi.

Selain itu, Pijat bayi tentunya tidak membutuhkan tenaga yang sangat kuat. Hal ini karena fisik mereka masih lemah dan otot mereka belum terbentuk sempurna. Jadi, cukup pijak mereka dengan lembut dan penuh kehangatan.

Pijatan tersebut hanya bertujuan untuk membuat otot-otot mereka menjadi rileks daripada sebelumnya. Kamu juga bisa memberikan souvenir mainan anak-anak saat sudah selesai memijat bayi.

Baca juga: 8 Tips Memulai Bisnis F&B Truck

4. Gunakan Bahan Berkualitas

Kulit bayi cenderung lebih sensitif dari pada kulit orang dewasa. Karenanya, kamu harus mencari minyak atau lotion dari bahan yang aman atau alami untuk menurunkan risiko alergi pada kulit bayi.

5. Sebarkan Bisnismu

Sebagai pelaku usaha, kamu harus menyebarkan usahamu agar semua orang mengetahui lokasi usahamu. Kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, promosi via Whatsapp, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasang papan nama usahamu di depan rumahmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com