Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mudah Sukses Memulai Usaha Jasa Salon Hewan

Kompas.com - 24/10/2023, 22:39 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu prioritas bagi pemilik binatang peliharaan yaitu menjaga kesehatan dan penampilan hewan peliharaan. Hal ini tentunya bisa jadi peluang usaha yang unik bagi para pecinta binatang dengan membuka jasa pet grooming atau salon hewan di rumah.

Pada umumnya, layanan pet grooming atau salon hewan meliputi mandi, pemotongan kuku, perawatan bulu, dan sejenisnya.

Usaha ini juga merupakan usaha yang terbilang mudah dan membutuhkan modal yang sedikit. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal sebesar Rp 3,6 juta saja.

Baca juga: 4 Catatan Penting Sebelum Mengambil Paket Franchise, Pemula Wajib Tahu

Modal tersebut akan kamu gunakan untuk membeli peralatan seperti blower, hairdryer, handuk, peralatan gunting, peralatan sisir, tali, brangus, parfum, sampo, pet clipper, bedak, kandang, pet cargo, snack, selang, dan bak mandi.

Kamu juga bisa membuka jasa pet grooming rumahan yang bisa dipanggil. Setelah bisnis mengalami perkembangan, kamu bisa mencoba membuka salon khusus dan menerima pekerja tambahan.

Berminat untuk memulai usaha jasa salon hewan atau pet grooming? Simak tips berikut ini seperti yang dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: BCA Hadirkan UMKM dan Desa Binaan di Trade Expo Indonesia 2023

1. Siapkan Modal

Dalam membuka jasa salon hewan, kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp 3,6 juta untuk membeli berbagai macam peralatan. Kamu bisa memulai usaha salon hewan rumahan yang bisa dipanggil.

2. Perhatikan Alat Yang Digunakan

Sebelum memulai usaha ini, kamu juga harus mengetahui peralatan yang tepat untuk digunakan. Pasalnya, peralatan yang digunakan dalam melakukan berbagai pewaratan hewan tentunya berbeda dengan manusia.

Misalnya hair dryer, hairdryer manusia mengeringkan dengan tenaga panas, berbeda dengan hairdryer hewan yang menggunakan tekanan angin yang kuat tanpa panas sama sekali. Hal ini karena hewan tidak kuat dengan panas.

Baca juga: Simak 8 Tips Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bisnis

3. Pahami Karakteristik Hewan

Selain modal uang, kamu juga harus punya modal "hati", dalam artian kamu harus cinta pada hewan. Selain cinta pada hewan, kamu juga perlu memahami karakteristik setiap hewan peliharaan.

4. Tingkatkan Pengalaman dan Keterampilan

Dalam menjalankan usaha ini, kamu harus mengantongi segudang pengalaman yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti berbagai pelatihan.

Pelatihan ini nantinya akan meningkatkan keterampilanmu kamu dalam menghadapi hewan agar hewan tersebut tidak galak sehingga pada saat treatment hewan tersebut bisa tenang dan tidak membuat hewan tersebut kaget.

Baca juga: Manfaatkan Limbah Paralon, Produk Syahda Craft Banyak Dilirik Hotel Bintang 5

5. Promosikan Usahamu

Selain memberikan harga yang menarik, kamu bisa menggunakan beragam teknik marketing yang unik dan menarik untuk memperluas jangkauan usahamu.

Salah satu marketing yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memanfaatkan media sosial khusus usaha seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp untuk mendapatkan konsumen.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat website usaha agar lebih menjangkau banyak target pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com