Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Bisnis Jasa Yang Banyak Peminatnya, Ramai Terus Auto Cuan

Kompas.com - 17/05/2024, 11:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis jasa adalah bisnis yang memanfaatkan bakat, ilmu, kemahiran, hingga tenaga seseorang dalam bidang tertentu untuk memudahkan konsumen.

Terlebih lagi di era modern seperti saat ini, masyarakat tentu semakin membutuhkan jasa dari orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Gaya hidup dan tingkat kesibukan masyarakat juga menjadi alasan mengapa peluang bisnis jasa cukup menjanjikan.

Permintaan pasar yang terus meningkat, membuat bisnis jasa terus dicari di berbagai jenis jasa. Bisnis jasa tentunya sangat luas dan beragam mulai dari jasa desain, jasa event organizer, jasa layanan kebersihan, jasa layanan kecantikan, dan masih banyak lagi.

Namun ada beberapa bisnis jasa yang akan terus ramai peminatnya, simak apa saja bisnis jasa tersebut dan alasannya seperti yang dilansir dari Gramedia.com,

Baca juga: Keuntungan Bisnis Jasa, Tak Perlu Modal Besar tapi Cuannya Tinggi

1. Wedding Organizer

Bisnis jasa event dan wedding organizer tentu menjadi salah satu jasa yang banyak dicari orang. Karena untuk membuat acara besar pastinya membutuhkan persiapan dan bantuan dari orang lain, tak mungkin dikerjakan sendiri.

Apalagi untuk acara pernikahan, persiapannya sangat panjang dan awam dilakukan oleh orang biasa. Agar hari spesialnya berjalan lancar, mereka akan mempercayakannya kepada jasa wedding organizer.

Dari segi target pasar, sudah pasti akan ada saja klien yang silih berganti melangsungkan pernikahan setiap bulannya. Sekali menggarap acara, keuntungan yang dihasilkan juga lumayan tinggi.

Selain itu, jika acaranya memang dibuat besar dan mengundang banyak tamu, bisnis jasa wedding organizer kamu bisa dikenal banyak orang dalam satu hari.

2. Laundry Kiloan

Di zaman sekarang, banyak orang yang malas mencuci pakaian sendiri karena sudah lelah dengan kesibukan sehari-hari. Alternatifnya, mereka akan menggunakan jasa laundry.

Laundry kiloan adalah bisnis jasa yang akan terus dicari masyarakat apalagi jika berlokasi di sekitar kos-kosan. Pasalnya, jarang ada yang memiliki mesin cuci di kamar kos.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Memulai Jasa Desain Grafis Bagi Pelaku UMKM

Kebanyakan dari mereka lebih memilih laundry kiloan karena menghemat ruang kamar kos dan menghemat budget juga, sebab laundry kiloan harganya lebih murah.

3. Desain grafis

Jasa yang melibatkan keahlian tentu memiliki segmentasi pasar tersendiri. Sebab tidak banyak yang memiliki keahlian tersebut, mau tidak mau orang yang membutuhkannya akan menggunakan jasa dari orang lain.

Misalnya jasa desain grafis. Kedua jasa ini membutuhkan keterampilan dari seseorang, tidak semua orang ahli melakukannya. Sementara dari segi pasar, di era digital seperti saat ini desain grafis mempunyai peran yang penting.

Mulai dari membuat logo, membuat banner, membuat website, membuat ilustrasi, dan masih banyak lagi yang membutuhkan jas desain grafis. Bisnis jasa ini akan terus dibutuhkan di masa sekarang.

4. Fotografer

Jasa fotografer nampaknya masih terus diminati banyak orang. Karena banyak acara yang perlu diabadikan melalui teknik fotografi. Misalnya acara pernikahan, wisuda, acara perusahaan, foto buku tahunan, hingga pesta kecil seperti ulang tahun.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Desain Kemasan Makanan dan Minuman

Fotografer dibutuhkan untuk mengambil banyak momen menarik di acara tersebut. Pastinya menggunakan jasa fotografer lebih efisien dibandingkan foto sendiri di handphone masing-masing selama acara berlangsung.

Jasa fotografer tidak hanya dibutuhkan di acara-acara seperti itu saja. Namun, di keperluan lain juga banyak yang membutuhkan seorang fotografer, seperti foto formal untuk membuat foto ijazah.

Biasanya jasa foto ini bisa melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah. Untungnya pun bisa semakin cuan karena project seperti ini biasanya berskala besar, setidaknya untuk satu angkatan sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com